Lebih Kaya Vitamin C Daripada Jeruk, Ini Manfaat Cabai Merah Bubuk

Kamis, 18 April 2019 - 07:51 WIB
Cabai merah kaya akan vitamin C. (iStockphoto)

FAJAR.CO.ID – Cabai merah bubuk paling enak ditabur di atas menu masakan untuk menambah ekstra pedas. Berbeda dengan lada atau saus sambal, rasa cabai biasanya lebih kuat dan lezat di lidah.

Cabai merah bubuk juga memiliki tekstur yang beragam. Salah satunya bubuk cabai merah yang masih terdapat bulir bijinya dan membuat sensasi pedas lebih panas. Tak hanya menambah selera makan, cabai merah bubuk juga bisa bermanfaat untuk kesehatan seperti dilansir dari NDTV, Rabu (17/4).

Selain ditumbuk sebagai sambal, cabai merah juga digunakan sebagai bumbu. Atau bisa juga cabai merah dikeringkan atau diasamkan kemudian ditumbuk hingga menjadi bubuk cabai, yang disimpan dalam waktu lama.

Ternyata cabai merah adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Cabai merah mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Per 100 gram cabai merah, mengandung 143,7 miligram vitamin C. Sedangkan dalam jeruk terdapat 65 miligram vitamin C.

Vitamin C juga berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit dan daya tahan tubuh. Cabai merah juga bertindak sebagai obat untuk gejala pilek dan sinus. Dan tidak mengandung kolesterol apa pun.

Sedangkan, ada kandungan tambahan dalam cabai bubuk merah. Yakni juga mengandung Capsaisi, bahan kimia yang membuat bisa mengurangi risiko kanker kulit dan perut. Akan tetapi penggunaan berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mulas.

Peringatan

Cabai merah atau bubuk cabai merah harus dijauhkan dari mata. Jika sudah terkena, mata langsung dicuci dengan air mengalir. Dan hati-hati ketika ada luka atau sariawan di lidah dan rongga mulut saat makan cabai akan menimbulkan sensasi terbakar atau perih.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.