Menag Siap Realisasikan Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

Kamis, 18 April 2019 - 15:11 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin menyatakan kesanggupannya menyiapkan fasilitas dan kebutuhan, yang diperlukan terkait penambahan 10 ribu kuota haji tahun 2019.

Hal ini disampaikan Menteri Lukman usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (18/4). Forum itu membahas tambahan kuota haji dan rencana peningkatan investasi Arab Saudi di Indonesia.

“Dalam rapat terbatas, saya sampaikan bahwa pada dasarnya kami di Kemenag akan allout merealisasikan penyiapan pengadaan fasilitas dan segala sesuatu untuk tambahan 10 ribu jemaah haji,” ucap Lukman.

Baca Juga: Kuota Bertambah 10 Ribu, Menag Butuh Dana Tambahan Rp346 Miliar

Penambahan kuota calon jemaah haji dari pemerintah Arab Saudi itu berimplikasi terhadap anggaran yang dibutukan. Tidak hanya bagi jemaah sendiri, juga untuk petugas. Sebab, penambahan ini juga berdampak pada jumlah kloter.

“Nanti sebagian akan didapat dari BPKH, sebagian dari efisiensi Kemenag, terakhir APBN kita untuk biayai petugas,” jelas menteri dari PPP itu.

Baca Juga: Raja Salman Tambah Kuota Haji 10 Ribu Jamaah, Ini Penjelasan Menag

Namun demikian, pihaknya belum mau berspekulasi mengenai jumlah penambahan anggaran yang diperlukan meskipun diapastikan dananya bisa ditalangi dari ketiga sumber tadi.

“Nilai pastinya nanti kami rapatkan dulu bersama komisi delapan DPR. Mudah-mudahan minggu depan (bisa dibahas),” tandasnya. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.