Preview Napoli vs Arsenal: Harga Diri Italia

Kamis, 18 April 2019 - 12:26 WIB
Napoli siap membalas Arsenal/EUFA

FAJAR.CO.ID, NAPLES—Napoli wajib comeback dan lolos ke semfinal Liga Europa saat menjamu Arsenal, dinihari nanti. Pertaruhan mereka di leg kedua babak delapan besar ini adalah harga diri Italia.

Setelah Juventus tersingkir di Liga Champions, Napoli kini menjadi satu-satunya klub Serie A yang masih berkompetisi di Eropa. Makanya, anak asuh Carlo Ancelotti kini diharapkan bisa mengalahkan Arsenal di San Paolo.

Akan tetapi, misi menjaga martabat klub Italia ini tidak akan mudah. Kekalahan 0-2 di leg pertama mewajibkan mereka untuk berpesta gol di depan pendukung sendiri. Kemenangan tiga gol adalah harga mati bagi klub berjuluk The Partenopei tersebut.

Bermodal kemenangan 3-1 atas Chievo yang mengirim klub Kota Verona itu ke Serie B, Ancelotti menegaskan keyakinannya bisa meraih hasil bagus kontra The Gunners. Bagi eks pelatih Real Madrid itu, kemenangan itu mengangkat beban mereka pasca kalah di Emirates.

“Kemenangan ini mengangkat beberapa beban dari bahu kita. Memilih tim untuk hari Kamis akan sulit, tetapi saya pikir saya akan mengelolanya,” kata Ancelotti kepada Sky Sport Italia seperti dikutip dari Football Italia.

Karena wajib menang minimal tiga gol, Napoli yang akan kehilangan Raul Albiol dan Amadou Diawara dipastikan lebih onfensif. Namun, Ancelotti belum memutuskan apakah akan menggunakan Arkadiuz Milik, Dries Mertens dan Lorenzo Insigne bersama-sama melawan Arsenal.

“Ketiga striker itu memungkinkan. Milik bisa melakukan hal-hal hebat yang menjadikannya sebagai striker terbaik di Eropa. Saya memilih Insigne dan Mertens bersama karena mereka berdua lebih cepat daripada Milik, jadi saya ingin menggunakan kecepatan mereka. Saya pikir Kamis (Jumat) depan kuncinya adalah memainkan banyak umpan vertikal,” ujarnya.

Ancelotti sendiri mengaku sudah mengevaluasi permainan Arsenal yang membuat mereka sulit berkembang di leg pertama. “Kami terkejut dengan permainan menekan Arsenal. Penampilan babak kedua mereka lebih seperti sikap mereka di San Paolo, jadi lakukan serangan balik,” jelas Ancelotti.

Punya modal dua gol, Arsenal mestinya lebih rileks. Apalagi, statistik memperlihatkan mereka hampir selalu lolos ke babak berikutnya setelah memenangi leg pertama. Dalam sembilan kesempatan, delapan di antaranya mampu mereka tuntaskan dengan melanju ke fase selanjutnya.

Tapi, Manajer Arsenal, Unai Emery tak mau lengah. Menurutnya, peluang kedua klub untuk lolos ke semifinal masih sama besar dan ia memastikan laga ini bakal berat. “Ini 50-50. Jauh di sana akan berbeda. Kita perlu fokus. Tidak lebih percaya diri daripada yang kita butuhkan,” katanya kepada BBC dan Football Italia.

Untungnya, Arsenal berangkat ke Italia tanpa masalah cedera baru. Seiring membaiknya kondisi Lucas Torreira, hanya Rob Holding, Hector Bellerin, dan Danny Welbeck yang akan absen. “Dia (Lucas Torreira), secara fisik siap untuk hari Kamis (Jumat). Itu cedera kecil dan saya pikir dia akan baik-baik saja,” ujarnya di situs klub. (amr)

Prakiraan Pemain

Arsenal (3-4-2-1): Cech; Sokratis, Koscienly, Monreal; Maitland-Niles, Xhaka, Guendouzi, Kolasinac; Ramsey; Mkhitaryan; Aubameyang

Napoli (4-4-2): Meret; Malcuit, Maksimovic, Koulibaly, Mario Rui; Callejon, Fabian Ruiz, Allan, Zielinski; Milik, Insigne

Head to head

12/04/19 Arsenal 2-0 Napoli

12/12/13 Napoli 2-0 Arsenal

02/10/13 Arsenal 2-0 Napoli

Lima pertandingan terakhir Arsenal

15/04/19 Watford 0-1 Arsenal

12/04/19 Arsenal 2-0 Napoli

07/04/19 Everton 1-0 Arsenal

02/04/19 Arsenal 2-0 Newcastle United

15/03/19 Arsenal 3-0 Rennes

10/03/19 Arsenal 2-0 Manchester United

08/03/19 Rennes 3-1 Arsenal

Lima pertandingan terakhir Napoli

15/04/19 Napoli 3-1 Chievo

12/04/19 Arsenal 2-0 Napoli

08/04/19 Napoli 1-1 Genoa

04/04/19 Empoli 2-1 Napoli

31/03/19 AS Roma 1-4 Napoli

18/03/19 Napoli 4-2 Udinese

15/03/19 Salzburg 3-1 Napoli

REKOR PELATIH

Unai Emery vs Napoli:

Main: 1

Menang: 1

Imbang: 0

Kalah: 0

Rekor Carlo Ancelotti vs Arsenal:

Main: 9

Menang: 5

Imbang: 1

Kalah: 3

Unai Emery vs Carlo Ancelotti

Main: 7

Emery menang: 3

Ancelotti menang: 4

Imbang: 0

PEMAIN KUNCI

NAPOLI

Top ratings: Arkadiuz Milik: 7,06

Top skor: Arkadiuz Milik: 2

Top assist: Dries Mertens/Jose Callejon: 2

ARSENAL

Top rating: Aaron Ramsey: 7,35

Top skor: Pierre Emerick Aubameyang: 4

Top assist: Nacho Moreal/Henrikh Mkhitaryan/Xhaka: 2

Kamus Lolos ke Semifinal

Napoli lolos jika:

Menang minimal tiga gol

Arsenal lolos jika:

Menang

Imbang

Kalah satu gol

Kalah dua gol dengan catatan mencetak gol (1-3, 2-4, dst lolos dengan keunggulan gol tandang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.