20 CJH Tidak Lakukan Pelunasan, Kemenag Usulkan Pemberangkatan Lansia

Jumat, 19 April 2019 - 16:48 WIB

FAJAR.CO.ID,MAROS—  Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Maros mulai mengusulkan 20 nama Calon Jemaah Haji (CJH) pengganti.

Pasalnya ada 20 Calon Jemaah Haji (CJH) yang masuk dalam porsi pemberangkatan tahun 2019 ini namun tidak melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada tahap pertama yang dibuka sejak Selasa, 19 Maret hingga Senin, 15 April.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Maros, Syamsuddin mengatakan dari 313 CJH yang masuk kuota pemberangkatan tahun ini ada sekitar 20 yang tidak melakukan pelunasan hingga waktunya berakhir 15 April lalu.

“Jadi yang melakukan pelunasan BPIH pada tahap pertama itu sekitar 293 orang. Sisanya ada 20 an yang tidak melakukan pelunasan disebabkan beberapa alasan,” katanya.

Mereka yang tidak melunasi kata dia ada yang karena menunda keberangkatan, sakit dan ada yang meninggal dunia.

“Jadi yang 20 orang itu ada yang tidak melakukan pelunasan karena menunda keberangkatan sebanyak delapan orang, empat orang sakit dan delapan orang meninggal,”ungkapnya.

Sehingga lanjutnya, 20 orang itu akan digantikan oleh CJH lansia, penggabungan dan CJH yang sudah haji namun sudah mendaftar sejak 10 tahun lalu.

“Kita sudah mengusulkan ke pusat untuk penggantian 20 orang yang batal berangkat. Mereka digantikan oleh yang lansia, CJH penggabungan suami istri atau orangtua dan anak, serta CJH yang sudah berstatus haji namun sudah mendaftar sejak 10 tahun dan belum melakukan pelunasan pada tahap pertama,” jelasnya.(rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.