Bawaslu Maros Temukan Sejumlah Permasalahan Selama Proses Pemungutan Suara

Jumat, 19 April 2019 - 08:34 WIB

FAJAR.CO.ID,MAROS— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Maros menemukan sejumlah permasalahan selama proses pemungutan suara.

Ini berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu Maros saat melakikan penhawasan pemungutan suara pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Maros, Sudirman mengakui jika banyak permasalahan teknik yang terjadi selama proses pemungutan suara.

Dia juga mengatakan jika pendistribusian logistik belum tepat waktu dan tidak tepat jumlah sehingga mempengaruhi persiapan  penyelenggaraan pemilu di tingkat TPS.

“Tidak tepat jumlah surat suara dan perlengkapan pemungutan suara di tingkat  TPS, ada juga KPPS memulai pemungutan suara lewat dari pukul 07.00 (WITa),” katanya.

Dia mengatakan untuk masalah teknis pihaknya telah memberikan saran perbaikan kepada KPU sebagai langkah pencegahan yang berpotensi menjadi kesalahan prosedur, tatacara dan mekanisme.

Bahkan dari temuan pengawas di lapangan selama proses pemungutan suara, ada beberapa TPS yang surat suaranya kurang dan ada dua TPS yang hari ini baru melakulan penghitungan suara.

“Dua TPS baru  melakukan penghitungan suara hari ini, TPS 02 dan 14 kelurahan Boribellayya kecamatan Turikale, padahal regulasinya disebutkan pemungutan dan penghitungan suara dilakukan di hari yang sama, tanpa jedah sampai pkl. 12.00 siang. Ditambah TPS yang surat suaranya kurang dari DPT plus dua persen,” jelasnya.

Selain itu, dilaporkan bahwa salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Maros, TPS 14 kelurahan Hasanuddin kecamatan Mandai berpotensi untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

“TPS di Hasanuddin berpotensi dilakukan PSU, karena diduga adanya pemilih yang KTPnya dari luar Maros dan tidak terdaftar dalam DPTb atau pemilihan pindahan sementara dijinkan untuk memilih. Namun masih dalam proses penelitian dan pendalaman,” jelasnya.

Hingga kini pihak Bawaslu Maros masih menunggu laporan perkembangan dari pengawas TPS, Pengawas Desa/Kelurahan dan Panwascam.(rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.