Salah Entri Data, KPU Kecewa dengan Munculnya Meme

Jumat, 19 April 2019 - 20:21 WIB

FAJAR.CO.ID,JAKARTA–Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengakui pihaknya telah melakukan kesalahan entri data perolehan suara Pilpres 2019 ke sistem informasi penghitungan (Situng) KPU. Kesalahan entri itu yang akhirnya direkam masyarakat dan menganggap KPU berbuat curang.

“Tentang viral yang mengatakan bahwa KPU curang, ada di beberapa tempat yang salah entri, jadi itu betul-betul kesalahan entri,” kata Ilham ditemui wartawan di Jakarta, Jumat (19/4).

Dia menegaskan, KPU tidak berniat curang ketika salah mengentri data. KPU juga tidak memiliki kesengajaan ketika salah mengentri data.

“Jadi, itu tidak ada kesengajaan, kecurangan, atau apa pun itu, tidak sama sekali,” ungkap dia.

Ilham menyebut KPU telah memperbaiki beberapa kesalahan entri data. Hanya terdapat beberapa wilayah seperti Riau dan Jakarta Timur yang masih perlu waktu perbaikan untuk menyelaraskan data perolehan suara ke Situng KPU.

“Prinsipnya sekali lagi masyarakat silakan memantau Situng, kemudian memastikan C-1 itu yang masyarakat pegang atau tidak ada kesesuaian, silakan laporkan kepada kami,” ungkap dia.

Di sisi lain, Ilham kecewa atas viral video kesalahan entri data. Terlebih, muncul meme yang menyindir KPU berbuat curang atas temuan kesalahan dalam Situng. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.