Ulang Tahun Ke-55, Rektor Unhas: Hanya Ingin Bermanfaat Bagi Masyarakat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, berulang tahun yang ke-55 hari ini, Jumat (19/4/2019).

“Harapan saya di usia yang ke-55 ini, umur yang istikamah dan bermanfaat bagi masyarakat luas. Insya Allah,” harap perempuan kelahiran Tanjung Karang, Lampung itu.

Perempuan pertama yang memimpin Unhas sebagai kampus PTN-BH menyampaikan, peran Unhas diera revolusi industri 4.0 harus signifikan, dalam sistem pembelajaran, pelayanan berbasis IT, sehingga kualitas bisa terjaga.

“Kita harus masuk 500 dunia. Di semua program pembelajaran, penelitian, pengabdian harus mengikuti standar semua. Bukan hanya standar nasional, bahkan standar internasional,” ujar istri dari Natsir Kalla itu.

Kepemimpinannya di Unhas sudah banyak membuat perubahan. Membuat Unhas mandiri dengan menjadikannya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Perubahan signifikan banyak ditunjukkan dari segi akademik dan non akademik.

Kini, Unhas memfokuskan berbenah melakukan akreditasi internasional. Hal itu pun terbukti. Program studi yang sementara berproses akreditasi internasional untuk tahun 2018 yakni, FKG, Agribisnis, Manajemen, Arsitektur, Komunikasi, Arkeologi, Teknik Pertanian, Teknik Elektro, Peternakan, Sastra Inggris, Akuntansi, Ilmu Gizi, Agroteknologi, Ilmu Tek Pangan, Budidaya Perairan, Farmasi, Keperawatan.

Sedang yang sudah Akreditasi Ineternasional di tahun 2017 yakni, Kedokteran, Kesmas, Teknik Sipil, Teknik Geologi, Ilmu Kelautan, Hub Internasional, Ilmu Hukum, Kehutanan, dan Kimia.

Baru-baru ini Unhas atau pada 10 April lalu, sebanyak empat program studi menjalani proses visitas dalam rangka memenuhi standarisasi ASEAN University Network–Quality Assurance (AUN–QA). Seperti program studi Ilmu Komunikasi (FISIP), lrogram studi Arkeologi (Fakultas Ilmu Budaya), program studi Teknik Pertanian (Fakultas Pertanian), dan program studi Peternakan (Fakultas Peternakan). (gun)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...