Dua TPS di Gowa Berpotensi PSU

Sabtu, 20 April 2019 - 14:45 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, SUNGGUMINASA – Badan pengawas pemilihan umum (Bawaslu ) Gowa, menemukan dugaan pelanggaran di dua tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2019, kemarin.

Ketua Bawaslu Gowa, Samsuar Saleh, mengatakan atas dugaan pelanggaran yang didapatkan ini, besar kemungkinan akan dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada dua TPS tersebut.

“Kita sudah laporkan ke Bawaslu Sulsel terkait kedua TPS ini dan sangat berpotensi untuk dilakukan PSU,” kata Samsuar, Sabtu, 20 April.

Komisioner Bawaslu Gowa, Juanto Avol, menyebutkan, dugaan pelanggaran ini didapati di TPS 2 Jenetallasa, Pallangga dan TPS 10 di Maccini Baji, Bajeng.

Pada kedua TPS ini, kata Juanto, pihaknya mendapati ada pemilih yang mencoblos tetapi tidak memiliki KTP-el. Begitu pula ada pemilih yang mencoblos dan diduga ia tidak ada di daftar pemilih tetap (DPT) atau dalam daftar pemilih tambahan (DPTb).

Dugaan lainnya,, ada pemilih yang mencoblos di TPS yang tidak sesuai dengan alamat KTP-el nya dan dugaan ini sudah masuk dalam daftar investigasi masalah. “Ini baru kemungkinan yah. Belum final,” ungkapnya.

Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis mengatakan, saat masih menunggu laporan terkait kedua TPS yang diduga bermasalah tersebut dan bila betul ada kecurangan maka tak ada pilihan lain untuk segera dilakukan pemilihan ulang. “Sejauh ini belum ada laporannya masuk,” singkatnya. (sua)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.