Kembangkan Silat Betawi Lebih dari Sekadar Tradisi

"Dari tradisi jadi prestasi. Itu yang ingin kami tegaskan lewat Kejuaraan Silat Betawi 2019 ini. Kami ingin dari event ini bisa melestarikan Pencak Silat sekaligus memajukan prestasi," kata Anwar Albatawi, Ketua Umum ASTRABI.

Silat sebagai salah satu seni beladiri di tanah Betawi ini sudah berkembang demikian pesat. Di Indonesia terdapat sekitar 680 aliran silat tradisi, lebih dari separuh aliran silat tradisi tersebut lahir di tanah Betawi.

Jumlah ini masih ditambah lagi dengan sekitar 200-an aliran silat kombinasi yang merupakan gabungan dari berbagai aliran. Maka layaklah bila Betawi dijadikan pusat aliran silat tradisional dunia.

Sebagai cabang olahraga (cabor) asli Indonesia, Pencak Silat sudah banyak mendulang prestasi. Terbukti pada pelaksanaan Asian Games 2019 di Jakarta Pencak Silat dengan keluar sebagai juara umum. Pencak Silat meraih 14 emas dan satu perunggu.

ASTRABI hadir mengusung visi untuk menjaga, mengembangkan dan melestarikan silat tradisi Betawi. "ASTRABI juga memiliki misi mengembalikan marwah silat tradisi Betawi agar menjadi tuan rumah di kampungnya sendiri, mengupayakan peningkatan mutu dan kualitas silat tradisi Betawi dari berbagai sisi serta mendorong pemerintah agar Jakarta menjadi Galeri Silat Tradisi Internasional," jelas Anwar Albatawi.

Berbagai kegiatan telah dimotori oleh ASTRABI dalam upayanya meningkatkan harkat dari silat tradisi Betawi ini. Salah satunya adalah dengan gelaran Kejuaraan Silat Betawi 2019 ini.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...