Kembangkan Silat Betawi Lebih dari Sekadar Tradisi

Lebih lanjut Anwar Albatawi menjelaskan tujuan dari penyelenggaraan Kejuaraan Silat Betawi 2019 ini sebagai upaya melestarikan silat tradisi agar menjadi beladiri profesional. "Hingga pada akhirnya para guru-guru silat ini mencapai kesejahteraannya karena bela diri itu sendiri," katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai implementasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi dan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 229 Tentang Penyelenggaraan Pelestarian Kebudayaan Betawi.

"Alhamdulillah sejak Perda di berlakukan perkembangan silat tradisi Betawi itu sangat pasat bahkan luar negeri ingin tahu tentang silat Betawi yang selama ini diumpetin di kamarnya masing-masing. Mulai Perda mereka baru berani keluar karena mereka mau mengekspresikan apa yang menjadi kemampuan mereka," jelas Anwar Albatawi.

Kendati demikian ia berharap Pemerintah Daerah bisa memberikan lebih banyak ruang kepada para pelaku silat Betawi untuk berekspresi hingga pada akhirnya meraih prestasi.

"Saya berharap orang-orang yang belajar silat Betawi khususnya orang Betawi bisa mampu mengantarkan sampai kepada tingkat internasional tidak hanya dalam konteks budaya tapi dalam konteks olahraga prestasi," pungkasnya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...