Transparansi, KPU Pangkep Unggah Formulir C-1

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangkep komitmen melaksanakan lebih transparan dalam penyelenggaraan pemilu serentak ini.

Hal itu diketahui dengan diunggahnya seluruh salinan formulir C-1 ke laman website KPU secara langsung usai dihitung hasilnya dimasing-masing wilayah.

Ketua KPU Kabupaten Pangkep, Burhan menjelaskan bahwa, hal itu dilakukan agar masyarakat dapat melihat langsung hasil pemilihan yang telah dilakukan.

“Kalau ada yang berbeda bisa langsung diklarifikasi. Kami ingin lebih transparan dalam penyelenggaraan ini. Kami juga menyediakan ada enam alat scanner di Aula untuk mengunggah semua hasil,” bebernya.

Diunggahnya seluruh hasil perhitungan itu, untuk membantu penyelenggara pemilu untuk mendapatkan masukan dan koreksi dari masyarakat apabila ada hasil yang tidak sesuai.

“Tujuanya agar semua peserta pemilu, calon, masyarakat lainnya bisa melihat hasilnya. Ini juga membantu penyelanggara apabila ada yang keliru. Masyarakat bisa klarifikasi lebih awal,” jelasnya.

Selain itu, dijelaskan bahwa, seluruh komisioner KPU Pangkep, aktif turun langsung monitoring seluruh proses mulai ditingkat TPS hingga kecamatan. Bahkan monitoring proses pemilu juga dikawal langsung komisioner hingga ke pulau terluar Kabupaten Pangkep.

“Semua komisioner kita turun ke lapangan, sampai malam untuk monitoring hal-hal yang terjadi di bawah,” katanya.

Sementara itu, Komisioner Divisi Data KPU Pangkep Rohani mengatakan, formulir C1 mulai diunggah di situs KPU.

“Hingga saat ini masih berjalan proses unggah untuk semua TPS di Pangkep,” pungkasnya. Walaupun begitu, dijelaskan bahwa Situng ini hanya sebagai alat bantu bentuk transparansi ke publik.

“Sebagai alat bantu bentuk transparansi saja ke publik, bukan penentu hasil yang sebenarnya. Sebab semua tahapan penghitungan suara tetap harus melalui jalur pleno rekapitulasi secara berjenjang. Baik di tingkat kecamatan hingga kabupaten nanti yang akan dihadiri oleh bawaslu, saksi parpol dan saksi tim pemenangan paslon presiden dan wakil presiden. Paling penting juga kehadiran media,” bebernya. (fit)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar