Gubernur Sulsel: Festival Sarung Bangkitkan Industri Kecil

0 Komentar

Fajar.co.id, Makassar — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, menilai, festival sarung yang diselenggarakan Dekranasda Sulsel akan membangkitkan industri sarung di Sulsel.

Festival Sarung diselenggarakan oleh Dekranasda dan PKK Sulsel ini menjadi bagian dari acara memperingati Hari Lahir RA Kartini 21 April 2019. Acara digelar di areal car free day, Jl Jendral Sudirman Makassar, Minggu 21 April 2019.

“Pagi ini kita menyaksika Festival Sarung. Sebuah kegiatan yang menjadi kebanggaan kita karena akan melestarikan pemakaian sarung,” jelas Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Dijelaskan, Festival Sarung ini akan membangkitkan industri sarung di Sulsel. “Ayo kita pakai sarung. Sarung tidak lagi diidentikkan dengan pakaian rumahan,” jelasnya.

Menurut Nurdin Abdullah produksi industri sarung di Sulsel terus menurun belakangan ini karena orang jarang lagi memakai sarung.

Kegiatan Festival Sarung ini diikuti delegasi dari berbagai kabupaten dan kota di Sulsel. Ada kelompok organisasi.

Ada kelompok sepeda santai dengan peserta mengunakan sarung, ada jalan-jalan santai.

Alumni Unhas Makassar ini juga berharap, kedepannya masyarakat Sulsel terbiasa mengunakan sarung dan menjadi kebanggaan.

“Mudah-mudahan hari ini, menjadi hari yang sangat membanggakan kita, untuk kembali menggunakan sarung, dan menjadi kebanggaan kita. Tentu ini juga dalam rangka memperingati hari Kartini, dalam rangka emansipasi wanita,” jelas sosok dengan sejuta karya itu.

Menurut, Nurdin Abdullah, festival sarung ini untuk mengangkat nilai ekonomis sarung produksi Sulsel. (rls)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...