Kemenag Sebut Media Menentukan Kesuksesan Penyelenggaraan Haji

Minggu, 21 April 2019 - 20:23 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Penyelenggaraan ibadah haji 1440 H/2019 M semakin dekat. Kementerian Agama (Kemenag) menilai, banyak pihak yang bisa mengambil peran dalam menyukseskan penyelenggarannya. Di antaranya media massa.

Itu disampaikan Direktur Bina Haji Kemenag, Khoirizi H. Dasir ketika membuka Musyawarah Nasional ke-I, Forum Komunikasi Alumni Petugas Haji Indonesia (FKAPHI) di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Minggu (21/4).

Menurutnya, salah satu andil media massa ikut menyukseskan penyelenggaraan haji adalah memberikan edukasi seputar haji kepada masyarakat melalui pemberitaannya.

Baca Juga: Menag Siap Realisasikan Tambahan 10 Ribu Kuota Haji

“Peran media massa tidak bisa kita tinggalkan. Itu sangat menentukan sukses atau tidaknya pelaksanaan haji,” katanya.

Bahkan, begitu pentingnya peran media massa, Kemenag menempatkan media massa sebagai pilar keempat dalam penyelenggaraan haji di era revolusi industry 4.0 saat ini.

Dia menuturkan pada masa lalu pilar penyelenggaraan haji itu ada tiga. Yakni pembinaan, pelayanan, dan perlindungan. Tetapi saat ini bertambah satu lagi. Yakni media massa. Menurutnya dengan media seluruh program penyelenggaraan ibadah haji dapat disampaikan dan diviralkan ke masyarakat.

Baca Juga: 10 Calon Jemaah Haji Pangkep Batal Berangkat

Khoirizi juga menegaskan, kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah Indonesia juga bergantung dengan edukasi yang disampaikan oleh media massa. Untuk itu setiap tahunnya, Kemenag menyertakan para jurnalis dalam kepanitiaan penyelenggaraan ibadah haji. Unsur jurnalis tersebut tergabung dalam Media Center Haji (MCH) Indonesia. “Kami berharap MCH Indonesia ini dapat menjadi pusat informasi sekaligus edukasi haji bagi masyarakat,” katanya. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.