Pentingnya Bangun Bonding Orangtua dan Anak Sejak Dini

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Sudahkah Anda memiliki kelekatan (bonding) yang kuat dengan buah hati Anda? Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi menjelaskan bahwa bonding merupakan ikatan emosional yang terjalin antara orangtua dan anak.

Istilah bonding atau kelekatan semakin banyak terdengar dewasa ini, seiring dengan semakin banyaknya orangtua yang menyadari pentingnya bonding sejak dini bagi tumbuh kembang buah hati.

Meski demikian, membangun momen bonding dengan buah hati seringkali menghadapi berbagai tantangan, diantaranya keterbatasan waktu orangtua karena kesibukan terkait banyaknya peran yang harus dijalankan setiap harinya.

"Saat terjadi perasaan aman dan dicintai anak menjadi siap bereksplorasi. Saat sudah siap berani dan mandiri anak jadi lebih bisa belajar banyak hal ketimbang diam saja dan tidak percaya diri eksplor gak jadi apa-apa," kata Chitra Annisya, M.Psi selaku Psikolog Anak dari Tiga Generasi pada talkshow Zwitsaland di Mal Gandaria City, Jakarta, Sabtu (20/4).

Chitra Annisya menjelaskan 2 tahun pertama kehidupan merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orang tuanya. Dengan demikian orangtua dapat menyiasati minimnya waktu bersama buah hati dengan meluangkan 15-30 menit setiap harinya untuk membangun momen bonding dengan anak. Selain itu, orangtua juga dapat memaksimalkan kualitas interaksi dengan anak, dan memastikan hal ini berjalan secara konsisten dan berkelanjutan.

"Dua tahun pertama hal kritis bentuk secure anak. Misalnya anak menangis orangtua sebaiknya tidak mendiamkan tapi respon apa yang dirasakan anak apakah laper, ngompol atau lain-lain kemudian langsung direspon. Jadi anak terbentuk," kata Chitra Annisya menjelaskan.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...