Suka Makan Manis, Ini 9 Kita Merawat Gigi

FAJAR.CO.ID--Hampir semua orang menyukai makanan manis. Selain karena rasanya enak, gula dapat merangsang produksi dopamin di dalam otak yang memberikan efek bahagia.

Namun, karena beberapa kondisi, mengonsumsi makanan manis harus dibatasi. Salah satunya karena takut mengalami gigi berlubang.

Anda pencinta makanan manis? Simak dulu tips di bawah ini supaya tetap bisa menikmati makanan manis, tapi kesehatan gigi tetap terjaga.

1. Sikat gigi minimal 2 kali sehari

Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride minimal 2 kali sehari, sehabis sarapan dan sebelum tidur. Pilih sikat gigi berbulu lembut sehingga mampu membersihkan plak gigi sampe ke sela-sela tersempit, tanpa melukai gusi.

Meski terlihat sepele, hal ini sangat efektif dalam mencegah proses terjadinya gigi berlubang.

2. Pemberian lapisan sealant

Lakukan pemberian lapisan sealant pada permukaan gigi di dokter gigi, terutama di gigi geraham tetap yang masih sehat. Lapisan sealant ini bisa menggunakan bahan tambal komposit atau bahan glass ionomer yang dapat melepas fluor.

Gigi pun akan terus mendapatkan pasokan Fluor untuk menguatkan gigi. Gunanya untuk menutup permukaan gigi geraham yang biasanya memiliki celah yang dalam, tempat berawalnya gigi berlubang. Jangan lupa untuk melakukan kontrol rutin ke dokter gigi 1-2 kali setahun.

3. Berkumur habis makan manis

Jika habis makan yang manis, sebaiknya berkumur dengan air putih atau dengan mouthwash yang mengandung fluoride. Jangan pilih mouthwash yang mengandung alkohol karena dapat mengiritasi di dalam mulut.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : hamsah


Comment

Loading...