Cara Unik SMAN 21 Makassar Peringati Hari Kartini: Dari Kebaya hingga Pembacaan Surat

Senin, 22 April 2019 - 09:09 WIB
Upacara Senin yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kartini di SMAN 21 Makassar/ist

FAJAR.CO.ID, TAMALANREA—SMAN 21 Makassar memperingati Hari Kartini dengan cara unik. Pada upacara seninan, Senin, 22 April, hari ini, seluruh pelaksana dan perangkat upacara adalah guru, staf, dan siswa perempuan yang mengenakan kebaya sebagai simbol sosok Raden Ajeng Kartini.

Upacara bendera yang dirangkaian dengan peringatan Hari Kartini ini dihadiri seluruh siswa kelas X dan XI, Kepala Sekolah, Mirdan Midding, seluruh wakasek, guru, serta staf SMAN 21. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Dra Muliati.

Dalam upacara ini, dilakukan pembacaan biografi RA Kartini oleh Satriani S.Sos. Selain itu, juga dibacakan surat-surat Kartini ke sahabatnya yang dibukukan J.H Abendanon oleh Srienda Surya Sofyan S pd M T. Upacara ini dirangakaian dengan penyerahan dari lomba yang baru saja diikuti Paskibraka sekolah tersebut di Bajeng, Gowa.

“Hari Kartini menjadi sebuah momentum sejarah bagi almamater SMAN 21 Makassar yang sedang dalam penilaian oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sekolah kita akan bersaing dengan ribuan sekolah di Indonesia untuk menjadi sekolah ramah anak dan kebhinekaan terbaik di Indonesia,” kata Muliati.

Wakasek berharap bahwa semangat Kartini akan ada dalam diri para siswa perempuan di SMAN 21 Makassar akan mereka mampu berprestasi dan membanggakan. “Kita harapkan, dengan semangat Kartini, habislah gelap, terbitlah terang, menjadi momentum bagi setiap civitas akademik SMAN 21 agar dapat menorehkan prestasi dari waktu ke waktu. Terkhusus buat siswa sekalian, teruslah berjuang dengan inspirasi semangat Raden Ajeng Kartini. Raih dan ukir prestasi yang mengangkat harkat martabat almamater,” ujarnya. (amr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.