Lebih Dekat dengan Anna Mariana, Pejuang Tenun Songket Indonesia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Bicara mengenai sosok pahlawan perempuan, Raden Ajeng Kartini mengingatkan kita pada sosok figur perempuan yang didaulat paling berjasa bagi kaum perempuan di Indonesia untuk kiranya lebih maju. Mengingatkan pada perjuangan seorang perempuan agar mendapatkan hak yang setara dengan kaum pria khususnya hak dalam mendapat kan pendidikan.

Bagi seorang desainer, Anna Mariana mengaku mendapatkan pelajaran dalam bersoaialisasi dengan baik, berbaur dengan semua kalangan dari sosok Kartini. Karena menurutnya setiap manusia pada hakekat nya diciptakan sama derajatnya, tanpa membedakan status sosial atau kasta.

"Perempuan itu harus berani dan optimis dalam setiap menentukan langkah kehidupan, serta berani tegas dalam setiap mengambil keputusan. Harus dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada kaum Perempuan Indonesia, agar mampu berdiri sendri dan mandiri," kata Anna, begitu ia disapa.

Perempuan kelahiran Kota Solo pada 1 januari 1960 silam ini juga mengatakan bahwa perempuan Indonesia harus semangat dalam meraih pendidikan setinggi-tingginya dan meraih cita-cita yang setinggi- tingginya. "Harus mampu menjalani kehidupannya sesuai peranannya masing-masing dan dituntut untuk dapat menjalani kehidupan ekonomi, politik dan social," ujar Anna.

Menyikapi sosok Kartini di era milenial ini, Anna Mariana menyarankan agar kaum perempuan tidak boleh melupakan kodratnya, hakikatnya, sebagai seseorang perempuan yang mempunyai sumber kelembutan.

Kartini Indonesia masa kini harus pintar dan menginspirasi, kuat, tangguh dan gigih, agar dapat mewujudkan impian nya, kaum perempuan Indonesia harus semangat dalam menuntut ilmu pendidikan di sekolah setara dengan pria, serta dapat menjadi teladan, mampu menjadi wanita cerdas, pemberani, bekerja keras, dan bekerja dengan ikhlas.

Kartini Pengrajin Tenun dan Songket Indonesia

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Andin Andin


Comment

Loading...