Preview Chelsea vs Burnley: Amankan 4 Besar

Senin, 22 April 2019 - 07:45 WIB
Chelsea saat menghadapi Slavia Praha di Liga Europa/Getty Images

FAJAR.CO.ID, LONDON—Chelsea sudah memastikan tiket semifinal Liga Europa yang bisa menjadi jalan mereka ke Liga Champions jika mampu menjadi kampiun. Fokus The Blues saat ini Big Four Premier League.

Laga yang menanti mereka adalah duel kontra Burnley di Stamford Bridge, dinihari nanti. Kalau bisa mengamankan kemenangan, klub Kota London itu akan kembali masuk empat besar Premier League menggeser Arsenal atau Tottenham Hotspur.

Bermodal kemenangan atas Slavia Praha di Liga Europa, mereka sangat percaya diri bisa meraih hasil bagus. Optimisme itu didengungkan sang pahlawan, Pedro Rodriguez yang mencetak dua gol dalam kemenangan 4-3 The Blues, Jumat lalu.

Meski setelah ini akan berhadapan dengan peringkat keenam, Manchester United yang jadi pesaing langsung mereka dalam perebutan posisi empat besar, Pedro pede Chelsea siap untuk menyelesaikan kampanye Premier League musim ini dengan baik. Tentu saja dengan lebih dulu mengalahkan Burnley.

“Lolos ke semi final adalah target besar bagi kami. Hasilnya memberi kami kepercayaan diri untuk pertandingan terakhir musim ini. Sekarang kami mempersiapkan diri dengan baik untuk Burnley karena itu adalah permainan yang sangat penting bagi kita,” tegasnya di situs resmi Chelsea.

Manajer Chelsea, Maurizio Sarri sendiri tak mau sesumbar. Menurutnya, ada kelemahan mendasar anak asuhnya beberapa pekan terakhir yang membuat mereka kerap kerepotan. Dan kalau tidak bisa membenahinya, mereka akan kesulitan menghadapi Burnley.

“Seperti biasa dalam dua bulan terakhir, kami memulai dengan sangat buruk di babak kedua. Kami butuh solusi. Kita harus menyelesaikan masalah ini,” katanya di situs UEFA merujuk pada dua gol cepat Slavia di awal paruh kedua.

Tak hanya inkonsistensi sepanjang 90 menit, Chelsea juga khawatir pada kondisi pilar jelang pertandingan kontra Burnley. Itu karena top skor dan top assist mereka, Eden Hazard cedera pada leg kedua babak delapan besar Liga Europa.

Namun, Sarri mencoba meyakinkan fans Chelsea bahwa itu tidak akan mengganggu persiapan mereka menghadapi Burnley. Bahkan, eks pelatih Napoli itu yakin kapten timnas Belgia itu bisa bermain, dinihari nanti.

Jika klaim itu terbukti benar, maka hanya Ethan Ampadu dan Antonio Rudiger yang akan absen. Sedangkan bek sayap, Marcos Alonso, seperti halnya Hazard siap bermain kendati Sarri kemungkinan akan tetap memainkan Emerson sejak menit awal.

Tapi, bermodal tiga kemenangan beruntun, Burnley yang ada di posisi ke-15 dengan poin 39 dan belum sepenuhnya aman dari jerat degradasi pastinya tidak akan membiarkan Chelsea kembali menggasak mereka seperti saat kalah 0-4 di pertemuan pertama. Makanya, Manajer Burnley, Sean Dyche sudah mengimbau timnya tampil bagus.

“Saya sudah mengingatkan para pemain minggu ini, mereka tahu itu. Kami harus terus melakukan apa yang telah kami lakukan. Kami memiliki empat pertandingan yang sangat penting, pertandingan yang sulit. Ada banyak yang harus dimainkan dan kami harus terus bermain keras untuk mendapatkan apa yang kami inginkan,” tegasnya di Burnley Express.

Bek Burnley, James Tarkowski yang harus mengawal Hazard yang telah mencetak 16 gol di liga plus 12 assist memprediksi ini akan jadi laga berat. “Itu bisa sulit. Saya menonton pertandingan di akhir pekan dan saya pikir dia menyebabkan beberapa masalah bagi Liverpool dengan posisi yang diambilnya,” kata Tarkowski.

Meski behitu, ia berharap bisa mencuri poin di London. “Kami selalu menantikan game-game ini, itu yang terbaik untuk kami ketika tidak ada tekanan dan tidak ada yang mengharapkan kami untuk melakukan apa pun. Kami dapat muncul, tampil dan mudah-mudahan mengambil beberapa poin,” tegasnya.

Musim lalu, Burnley mengalahkan Chelsea dengan skor 3-2 di London. Namun, Tarkowski yakin akan berat untuk mengulanginya. “Ini sedikit ujian yang berbeda bagi kami sekarang dengan manajer yang berbeda dan gaya yang berbeda. Mereka memberi kami sedikit pukulan di awal musim sehingga mudah-mudahan kami bisa membalikkan itu,” kunci Tarkowski.

Tim tamu tidak memiliki kekhawatiran akan cedera baru. Dengan begitu, hanya Steven Defour, Aaron Lennon, serta Peter Crouch yang akan absen. Meski Phil Bardsley diragukan, ia diyakini Dyche bisa bermain di laga ini. (amr)

 

DATA DAN FAKTA

Chelsea tidak kebobolan dalam 5 dari 7 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League.

Chelsea telah memenangkan 5 dari 6 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League.

Burnley telah memenangkan 3 pertandingan terakhir mereka di Premier League.

Chelsea mencetak setidaknya 2 gol dalam 5 dari 6 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League.

Chelsea mencetak setidaknya 2 gol dalam 3 pertandingan terakhir melawan Burnley di semua kompetisi.
Chelsea tidak terkalahkan dalam 9 dari 10 pertandingan terakhir mereka melawan Burnley di semua kompetisi.
Burnley mencetak setidaknya 2 gol dalam 3 pertandingan terakhir mereka di Premier League.

 

Prakiraan Pemain

Chelsea (4-3-3): Kepa; Azpilicueta, Christensen, Luiz, Emerson; Kante, Jorginho, Cheek; Pedro, Higuain, Hazard

Burnley (4-4-2): Heaton; Lowton, Tarkowski, Mee, Taylor; Hendrick, Westwood, Cork, McNeil; Barnes, Wood

Head to head

28/10/18 Burnley 0-4 Chelsea

19/04/18 Burnley 1-2 Chelsea

12/08/17 Chelsea 2-3 Burnley

12/02/17 Burnley 1-1 Chelsea

27/08/16 Chelsea 3-0 Burnley

Lima pertandingan terakhir Chelsea

18/04/19 Chelsea 4-3 Slavia Praha

14/04/19 Liverpool 2-0 Chelsea

11/04/19 Slavia Praha 0-1 Chelsea

08/04/19 Chelsea 2-0 West Ham

03/04/19 Chelsea 3-0 Brighton

Lima pertandingan terakhir Burnley

13/04/19 Burnley 2-0 Cardiff

06/04/19 Bournemouth 1-3 Burnley

30/03/19 Burnley 2-0 Wolverhampton

16/03/19 Burnley 1-2 Leicester City

10/03/19 Liverpool 4-2 Burnley

PEMAIN KUNCI

CHELSEA

Top skor

Eden Hazard: 16

Pedro: 8

Ruben Loftus-Cheek: 5

Top assist

Eden Hazard: 12

Willian: 6

Ross Barkley: 5

BUNRLEY

Top skor

Ashley Barnes: 10

Chris Wood: 10

Sam Vokes: 3

Top assist

Ashley Westwood: 7

Johann Gudmundsson: 5

Dwight McNeil: 5

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.