Atasi 5 Masalah Kesehatan dengan Rebusan Kulit Manggis

Selasa, 23 April 2019 - 07:32 WIB

FAJAR.CO.ID–Buah manggis memiliki keunikan dari bentuk buah dan teksturnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam banyak ditemukan di negara Asia. Tak hanya bisa dimakan, buah manggis juga bisa direbus dan diambil ekstraknya untuk diminum. Tentu manfaatnya banyak untuk kesehatan.

Menurut penelitian dan temuan ilmiah, bahan kimia dalam buah manggis mengandung sifat anti-oksidan, anti-bakteri, antijamur, serta antitumor. Dilansir dari Benefits of Mangosteen, Senin (22/4), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan secangkir rebusan buah manggis. Jadi, bukan buahnya yang direbus, akan tetapi kulitnya.

Pertama, siapkan buah manggis dan pilih warnanya yang ungu gelap dan jangan berwarna kekuningan. Kemudian potong buah manggis dan jangan mengenai kulit luarnya.

Lalu, pisahkan kulit dengan kedua tangan untuk mengambil bagian dalamnya. Nah, kulit buahnya digunakan untuk membuat teh dan bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Salah satunya dengan mengeringkan kulit manggis terlebih dahulu. Kemudian, rebus air dan masukkan kulit manggis hingga didihkan. Tambahkan gula kemudian minumlah.

Apa saja manfaatnya? Setidaknya ketika minum air kulit manggis, seseorang akan mendapatkan lima manfaat untuk kesehatan.

Obati Penyakit Kardiovaskular

Buah manggis mengandung antioksidan yang dikenal sebagai Xanthones. Yakni dua jenis alpha manggis dan gamma manggis, yang membantu dalam pengobatan berbagai penyakit kardiovaskular. Antioksidan menyembuhkan kerusakan sel oleh radikal bebas, yang sebagian besar bertanggung jawab untuk proses penuaan.

Lawan Flu

Rebusan kulit manggis sangat kaya akan vitamin C. Vitamin C dikenal karena khasiatnya sebagai antioksidan yang larut dalam air, yang memberikan ketahanan terhadap infeksi seperti flu.

Atasi Anemia

Manggis meningkatkan sel darah merah dan melindungi orang dari penyakit seperti anemia.

Sumbatan Darah

Kulit manggis sangat berguna karena melindungi orang dari penyakit seperti jantung yang tersumbat karena kolesterol darah, sakit dada yang parah, dan aterosklerosis.

Normalkan Tekanan Darah

Kulit manggis juga kaya akan mineral seperti tembaga, mangan, magnesium, dan kalium. Kombinasi mineral-mineral ini membantu tubuh untuk melawan stroke, penyakit jantung koroner, dan menormalkan tekanan darah. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.