Media Salah Kutip Nama, Pelaku Bom Sri Lanka Ramai Disebut WNI

Selasa, 23 April 2019 - 14:52 WIB

FAJAR.CO.ID, KOLOMBO–Pemerintah Sri Lanka telah mengidentifikasi tersangka pelaku bom bunuh diri di negara itu. Kabar bahwa salah satu tersangka merupakan WNI langsung dibantah oleh Kementerian Luar RI.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, tersangka pelaku pengeboman bukan WNI namun warga Sri Lanka sendiri. “Beberapa media salah mencantumkan nama,” katanya, Selasa (23/4).

“KBRI telah melakukan komunikasi langsung dengan otoritas keamanan Sri Lanka dan memperoleh informasi nama yang benar adalah Insan Seelawan, warga Srilanka,” kata Lalu.

Sebelumnya, beberapa media, termasuk Independent mengutip bahwa pelaku adalah Insan Setiawan. “Salah satu dari dua pelaku pengeboman yang menyerang Hotel Shangri-La di Kolombo diidentifikasi sebagai Insan Setiawan. Sebuah pabrik tembaga yang dimilikinya digerebek dan sembilan tersangka ditangkap,” dikutip dari Independent.ie.

Dalam artikel tersebut, tidak disebutkan pelaku adalah WNI. Namun nama belakangnya yang identik dengan nama umum bagi laki-laki di Indonesia, menarik perhatian publik di tanah air. (jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.