Surat Suara Pilpres Belum Tiba, Pemungutan Suara Ulang Ditunda

Selasa, 23 April 2019 - 17:03 WIB
Warga melakukan persiapan TPS 9 di Kelurahan Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur, Selasa, 22 April.

FAJAR.CO.ID,WATAMPONE— Perhitungan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Bone terpaksa ditunda. Penyebabnya surat suara pilpres belum tiba dari Jakarta.

Seperti yang diketahui, PSU di Bone dijadwalkan, Rabu (besok), 23 April. PSU akan diadakan di lima TPS di Kecamatan seperti, TPS 9 kelurahan Tibojong kecamatan Tanete Riattang Timur, TPS 2 desa Walenreng kecamatan Cina, TPS 4 desa Kadai kecamatan Mare, TPS 5 desa Pakkasalo kecamatan Sibulue dan TPS 6 desa Tappale kecamatan Libureng.

“Iyah batal besok, rencananya dipindahkan ke Sabtu, 27 April, karena baru surat suara pileg yang datang pilpres belum, kan pilpres dicetak di Jakarta dan baru dikirim besok ke Sulsel,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bone Izharul Haq.

Padahal, surat edaran untuk PSU sudah disebar ke beberapa instansi agar memberi keringanan (libur) bagi karyawannya yang mengikuti PSU.

PSU sendiri dilakukan karena adanya kekeliruan atau kesalahan teknis dalam proses pemungutan suara di TPS tersebut. Beberapa pemilih tidak mempunyai KTP el dan tidak terdaftar di DPT dan Dptb.

Komisioner Panwas Bone Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga, Alwi, mengungkapkan, dengan adanya PSU diharapkan masyarakat bisa kembali menunjukkan antusiasnya dayang ke TPS menggunakan kembali hak suaranya.

“Kami juga berharap tetap menjaga kedamaian pemilu, tidak memanfaatkan suasana ini untuk politik uang, mari bersama-sama gunakan hak pilih seperti sebelumnya,” ajak Alwi. (ica)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.