Dosen Biologi Unhas Berbagi Pengetahuan Granulasi Kompos

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, BARRU—Dosen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unhas melakukan penyuluhan tentang Granulasi Kompos. Kegiatan tersebut digelar di rumah kompos Makkawaru, di Desa Pao-pao, Tanete Rilau, Barru.

Kegiatan tersebut dimotori tiga dosen Biologi Unhas. Mereka adalah Slamet Santosa, Dody Priosambodo, dan Eddy Soekendarsi.

Slamet Santosa mengatakan kegiatan penyuluhan tersebut bertujuan untuk menambah pengetahuan pembuat kompos Makkawarudi Barru bisa dibentuk granul kompos. Dimana selama ini kompos Makkawaru membuat produk curah.

“Kompos curah mempunyai kelemahan yaitu berdebu dan umumnya over dosis jika digunakan. Sedangkan Granulasi kompos lebih praktis dan tepat dosis,” kata Slamet, Rabu 24 April.

Lebih lanjut Slamet menuturkan cara membuat granul kompos cukup mudah. Pertama dimulai dari pengeringan kompos, penggilingan dan pengayakan. Kemudian dilanjutkan penambahan bahan seperti limbah air beras yang dapat memperkaya hara kompos.

“Granulasi dilakukan menggunakan nampan, yaitu kompos halus dicampur perekat dan air beras lalu digerak gerakkan. Setelah itu kompos akan membentuk granula,” tuturnya. (Edo)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment