FORNAS Ajang PERBAFI Seleksi Atlet Menuju Kejuaraan Internasional

0 Komentar

Pengurus Pusat Persatuan Binarata dan Fisik Indonesia (PP PERBAFI) memanfaatkan ajang Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) kelima pada 15-18 November di Samarinda, Kalimantan Timur untuk menyeleksi atlet menuju kejuaraan internasional.

“Ajang FORNAS ini dijadikan ajang yang paling bergengsi bagi PP PERBAFI,” ujar Ketua Umum PP PERBAFI, Kemalsyah Nasution di Senayan, Selasa (23/4) sore.

Kemal juga mengatakan ada lima kategori yang akan di pertandingkan di ajang FORNAS kelima. Di antaranya Men Fitness, Men Sportmodel, Women Fitnessmodel, Women Sportmodel, Men Beachmodel.

Di mana setiap perwakilan Provinsi maksimal boleh mengirimkan atletnya sebanyak dua orang untuk setiap kategori yang sudah terpilih dari Pengprov PERBAFI masing-masing daerah.

Ia juga mengatakan ini adalah sejarah pertama ada cabor fisikal fitness (bodycontest) resmi diadakan di ajang multievent nasional macam FORNAS. Diharapkan kedepannya PERBAFI dapat memberi contoh kepada masyarakat Indonesia agar lebih memahami cara hidup sehat bugar dan gembira.

Ajang FORNAS sendiri memang mempertandingkan dan menggelar eksebisi cabang olahraga masyarakat dan tradisional di setiap gelarannya. Bahkan beberapa cabang olahraga di FORNAS sudah ada yang menjadi cabang prestasi hingga tingkat internasional macam pencak silat, dayung, panjat tebing, dan beberapa cabang lain.

“Olahraga rekreasi bisa menjadi olahraga prestasi. Contohnya eSport, itu awalnya di rekreasi tapi sekarang sudah ikut olahraga prestasi. Bukan berarti mereka meninggalkan olahraga rekreasi, sama sekali tidak. Karena di situ lah pembibitan, pemberdayaan olahraga apa pun,” ujar Ketua Umum FORMI, Hayono Isman, pada kesempatan yang sama

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment