Kakanwil Kemenkumham Sulsel Ingin Konflik Jaminan Fidusia Diminimalisir

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR–Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Priyadi, membuka kegiatan Sosialisasi Layanan Fidusia di Hotel Swiss-Bell Hotel Makassar, Selasa (23/04/2019).

Kegiatan ini mengangkat tema “Melalui Layanan Fidusia Kita Wujudkan Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen dalam Rangka Pengembangan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Melalui sosialisasi ini, Kakanwil inginkan agar konflik jaminan fidusia dapat diminimalisir. Ia inginkan agar kerja sama dengan pihak kepolisian ditingkatkan sehingga penanganan kasus terhadap konflik jaminan fidusia ditangani secara jelas oleh pihak yang berwenang.

“Penyidik Kepolisian harus melakukan upaya mediasi jika terjadi konflik jaminan fidusia,” ungkap Kakamwil dalam sambutannya.

Kegiatan layanan fidusia ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas layanan jaminan fidusia oleh Notaris, Lembaga Pembiayaan serta meningkatkan kesadaran hukum masyarakat akan pentingnya pendaftaran jaminan fidusia agar dapat lebih memahami dan menyadari pentingnya jaminan fidusia.

Pendaftaran fidusia sendiri harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan untuk melindungi hak dari debitur dan kreditur. (*)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...