Kapolres Puncak Jaya: Dokumen yang Dibakar Sudah Tidak Terpakai

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PAPUA–Kapolres Puncak Jaya, AKBP Ari Purwanto tak membantah adanya pembakaran kotak dan surat suara di Tingginambut, Puncak Jaya, seperti terekam dalam video yang lagi heboh saat ini.

Namun, dia menegaskan, dokumen-dokumen penting terkait pemilu seperti C1 plano, C1 KWK, rekapitulasi perhitungan suara dan berita acara-acara perhitungan suara tingkat distrik sudah diamankan.

“Kami menduga warga tidak paham soal itu dan mereka membakarnya (kotak dan surat suara), tetapi dokumen penting sudah diamankan atau dibawa oleh PPD dan Panwas Distrik untuk rekap suara di Mulia,” kata Ari, Rabu (24/4).

Ari menjelaskan, pemilu di distrik Tingginambut telah dilaksanakan dengan sistem noken. Dokumen yang dibakar di depan kantor Distrik Tingginambut seperti dalam video itu, merupakan dokumen pemilu yang tidak terpakai atau yang sudah tidak dibutuhkan lagi pada rapat pleno tingkat KPUD.

Baca Juga: Dugaan Kecurangan Pemicu Pembakaran Surat Suara di Puncak Jaya

“Itu sudah dibuatkan berita acara pemusnahannya. Hal ini dilakukan adalah untuk mencegah penyalahgunaan dokumen sisa pemilu,” pungkasnya. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment