Kasus Dana Hibah Pilwalkot, Sabri: Hancur! Banyak Pejabat Terlibat, Ndak Enak Kalau Disebut

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sekretaris KPU Makassar, Sabri dan Mantan Bendahara, Habibi, menjadi tersangka kasus dana hibah Pilwalkot Makassar. Namun, Sabri berjanji akan ber-“nyanyi” di Polda Sulsel.

Penahanan Sabri sudah dilakukan pada Selasa, 23 April 2019 malam, di Mapolda Sulsel. Dan, hari ini Kamis (24/4/2019) baru akan menjalani pemeriksaan bersama penyidik.

Tetapi, dia menekankan bahwa dia tidak tahu soal ini. Sebab, urusan ini hanya urusan bendahara saja.

“Hancur kalau saya ditahan. Banyak pejabat terlibat. Ndak enak kalau mau disebut,” ungkap Sabri saat mondar-mandir di dalam ruang penyidikan.

Diketahui, Sabri terseret penyalahgunaan dana hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Makassar tahun anggaran 2017 dan tahun anggaran 2018 sebesar Rp60 miliar.

Tahap pertama sebesar Rp16,6 miliar pada akhir 2017, sedangkan tahap kedua Rp43,3 miliar pada tahun 2018. Sesuai dengan MoU yang disepakati Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dan Ketua KPU, M Syarief Amier. Dana hibah tersebut dicairkan melalui rekening Bank Sulselbar atas nama KPU Kota Makassar.

Baca Juga: Penyidik Dalami Peran Mantan Komisioner, Dugaan Korupsi Dana Pilwalkot Makassar

Dalam pelaksanaannya, ditemukan rencana anggaran biaya tidak direalisasikan dan pungutan pajak yang tidak disetorkan ke kas daerah. Mulai pengadaan barang jasa yang belum dibayarkan kepada penyedia jasa, pembayaran honor PPK dan PPS yang belum terbayarkan, pajak yang telah dipungut mulai bulan November sampai bulan Oktober 2018 yang belum disetorkan ke kas daerah.

Sehingga, setelah penyidik melakukan gelar perkara, Sabri dan Habibi ditetapkan sebagai tersangka. Karena adanya kerugian negara yang ditemukan miliaran.

“Pemeriksaan Inspektorat Kota Makassar ditemukan kekurangan kas Rp5,8 miliar dan pemeriksaan Inspektorat Sekretariat Jenderal KPU ditemukan kas tekor sebesar Rp5,6 miliar,” kata Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (gun )

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar