Pemungutan Suara Ulang, Rawan Politik Uang

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,WATAMPONE — Mencuatnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di lima Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kabupaten Bone. Beberapa caleg diduga mengambil kesempatan bermain politik uang.

Lima TPS tersebut seperti TPS 9 Kelurahan Tibojong Kecamatan Tanete Riattang Timur, TPS 2 Desa Walenreng Kecamatan Cina, TPS 4 Desa Kadai Kecamatan Mare, TPS 5 Desa Pakkasalo Kecamatan Sibulue, dan TPS 6 Desa Tappale Kecamatan Libureng.

Di antara lima tps tersebut salah seorang warga ST, yang akan melakukan PSU, menyebut sejumlah caleg sudah datang ke rumahnya untuk minta suara dengan tukaran uang.

Tak tanggung tanggung, caleg tersebut mengeluarkan uang mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu untuk mendapatkan suara.

“Ada beberapa caleg datang, hari pertama dikabarkan mau pencoblosan ulang dia kasi Rp 100 ribu kemudian hari ke dua Rp 200 ribu dan hari ini ada yang kasi Rp 300 ribu,” ungkap ST yang tak ingin menyebutkan nama calegnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Bone Divisi Pengawasan, Muh Alwi, menanggapi hal tersebut. kata dia untuk menerima uang sogokan dari caleg yang berlaga di Pemilu 2019, politik uang tak bisa dibenarkan.

“Tolak jika ada yang memberikan uang, apalagi dipaksa untuk memilih salah satu calon tertentu,” tegasnya. (ica)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...