Preview MU vs Man City: Pertarungan Harga Diri

Rabu, 24 April 2019 - 09:49 WIB
Foto: Sporsniteleaks

FAJAR.CO.ID, MANCHESTER—Ini ibarat perang kota. Manchester United wajib menang untuk menjaga kans finis empat besar sementara Manchester City haram kalah kalau ingin mempertahankan gelar Premier League mereka.

Imbang mungkin bisa dianggap hasil paling adil dalam derby seperti ini. Namun, berbagi poin di Old Trafford jelas bukan hasil yang diinginkan kedua musuh bebuyutan itu. Harus ada pemenang, dinihari nanti dan mereka mesti saling bunuh demi berebut poin.

Masih tertahan di peringkat keenam dengan poin 64, Setan Merah selaku tuan rumah membutuhkan tiga angka untuk bisa tetap bersaing di zona Liga Champions. Pasalnya, mereka bukan hanya bersaing dengan Tottenham Hotspur dan Chelsea yang berada di posisi ketiga serta keempat dengan poin 67 namun juga Arsenal, tim peringkat kelima yang mengoleksi 66 angka.

The Citizens juga demikian. Tertinggal dua angka dari Liverpool, mereka harus bisa mempermalukan United untuk tetap mengontrol rivalitas menuju takhta. Makanya, derby Manchester edisi 178 ini bakal lebih ketat, berharga, dan bergengsi dari biasanya.

Sebagai tuan rumah, MU punya beban yang lebih besar. Apalagi, mereka baru saja dipermalukan Everton. Dalam laga pekan ke-34 di Goodison Park, anak asuh Ole Gunnar Solskjaer kalah empat gol tanpa balas. Itu adalah kekalahan keenam mereka dalam delapan laga terakhir di semua kompetisi.

Pasca laga itu, Solskjaer dan anak didiknya langsung meminta maaf pada fans mereka. Tapi, permohonan maaf atas penampilan buruk mereka jelas tidak cukup. Itu juga disadari Solskjaer. Karena itu, legenda MU itu meminta reaksi bagus anak asuhnya di Teater Impian.

Menurut Solskjaer, derby yang disusul laga kontra Chelsea pekan berikutnya harus bisa mereka amankan. “Dalam jangka pendek, kami harus fokus pada kedua game ini- game besar. Jika kami memenangkan game ini, kami masih memiliki peluang. Ada 12 poin untuk dimenangkan,” tegasnya di situs resmi MU.

Pelatih berpaspor Norwegia itu pun meminta timnya bertarung demi harga diri klub. “Ada begitu banyak hal yang perlu kita lakukan lebih baik untuk mendapatkan hasil. Bakat tidak pernah cukup. Itu (kekalahan dari Everton) tidak layak bagi Manchester United. Kami memiliki peluang sempurna untuk menebus kesalahan pada Rabu (Kamis),” ujarnya di Metro.

Ashley Young menambahkan, derby ini akan berat. Tapi, tidak ada alasan bagi mereka untuk kalah di Old Trafford. “Kami menghadapi pertandingan yang sulit di derby Manchester. Kami tahu betapa pentingnya hal itu. Jika Anda tidak bisa bangkit untuk derby Manchester, ada sesuatu yang salah,” kata Young.

Sebagai pertandingan kunci gelar Liga Inggris, kubu The Sky Blues tidak akan membiarkan MU yang tengah terpuruk bangkit dan membalas kekalahan 1-3 mereka di putaran pertama lalu. Tak heran, gelandang City, Bernardo Silva menantang rekannya untuk melawan tekanan derby ini.

“Kami tahu kami membutuhkan kemenangan. Ini adalah pertandingan besar lainnya yang kami tahu kami harus menang karena Liverpool mungkin akan memenangkan semua pertandingan yang tersisa di Liga Premier,” kata Silva di situs resmi klubnya.

“Pertandingan besar bagi kami, pertandingan besar bagi mereka. Mereka membutuhkan poin untuk berada di empat besar dan kami membutuhkan poin untuk memperjuangkan gelar. Jadi kami mengharapkan pertandingan yang sangat sulit. Mereka akan termotivasi mengalahkan kami dan kami menantikannya,” lanjut pemain Portugal tersebut.
Selain untuk gelar, ini juga soal gengsi dimana kedua kubu sejak beberapa tahun terakhir mengklaim diri sebagai penguasa Manchester. “Derby selalu berbeda, selalu permainan yang lebih emosional. Itu spesial untuk para penggemar, dan kami merasakannya. Pertandingan besar melawan tim terbaik selalu merupakan permainan terbaik untuk dimainkan,” tandasnya.

Dua hari jelang derby, Antonio Valencia dan Eric Bailly yang dipastikan absen di kubu MU. Sedangkan City berharap-harap cemas pada kondisi Kevin De Bruyne yang hamstring. Namun, Manajer City, Pep Guardiola sudah mengumumkan peluang De Bruyne sangat kecil. “Saya pikir pertandingan berikutnya dia akan keluar,” jelas Pep di 90min. (amr)

 

Prakiraan Pemain

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Young, Smalling, Lindelof, Shaw; Herrera, Matic, Pogba; Lingard; Sanchez, Rashford

Manchester City (4-3-3): Ederson; Walker, Stones, Laporte, Mendy; Silva, Fernandinho, B. Silva; Sterling, Aguero, Sane

Head to head

11/11/18 Manchester City 3-1 Manchester United

07/04/18 Manchester City 2-3 Manchester United

10/12/17 Manchester United 1-2 Manchester City

21/07/17 Manchester United 2-0 Manchester City

27/04/17 Manchester City 0-0 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Manchester United

21/04/19 Everton 4-0 Manchester United

16/04/19 Barcelona 3-0 Manchester United

13/04/19 Manchester United 2-1 West Ham United

10/04/19 Manchester United 0-1 Barcelona

02/04/19 Wolverhampton Wanderers 2-1 Manchester United

Lima pertandingan terakhir Manchester City

20/04/19 Manchester City 1-0 Tottenham Hotspur

17/04/19 Manchester City 4-3 Tottenham Hotspur

14/04/19 Crystal Palace 1-3 Manchester City

09/04/19 Tottenham Hotspur 1-0 Manchester City

06/04/19 Manchester City 1-0 Brighton & Hove Albion

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.