Retas Situs KPU 18 April, Polri Tangkap Pemuda Bernisial MAA

Rabu, 24 April 2019 - 13:19 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Direktorat Siber Bareskrim Polri menangkap seorang pemuda berinisial MAA. Pemuda asal Payakumbuh, Sumatera Barat itu diduga berupaya meretas situs kpu.go.id.

Karopenmas, Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya penangkapan terhadap peretas yang menyasar website KPU. Namun, dia belum bisa menjelaskan secara rinci kasus ini.

“Tunggu ekposenya dari Direktorat Siber. Nanti akan kami gelar jumpa pers bersama KPU, Bawaslu, dan Kemenkominfo,” katanya, Rabu (24/4).

MAA masuk ke situs KPU secara ilegal pada Kamis (18/4) atau sehari setelah pemungutan suara Pemilu 2019. Peretas menjebol sistem keamanan situs KPU menggunakan komputer salah satu warnet di Payakumbuh.

Peretas yang kabarnya punya nama panggilan Arik itu melakukan penetrasi tes ke situs KPU melalui acunetix tools untuk Web Crawler, serta menginjeksi SQL dan payload. Arik menemukan celah “open redirect” di situs KPU namun tidak mendapatkan celah pada injeksi SQL.

Baca Juga: Viral Video Surat Suara Dibakar di Puncak Jaya

Namun, ada kabar yang menyebut Arik punya maksud baik. Konon, dia sempat mengirimkan e-mail ke pusat bantuan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang beralamat di bantuan70@bssn.go.id pada 1 April 2019.

Arik memberi info ke BSSN bahwa dia menemukan celah kelemahan di website KPU. Namun, dia justru menjadi terlapor di Polda Metro Jaya. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.