Tips Menyimpan Jahe Agar Tetap Segar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID–Jahe merupakan salah satu rempah favorit yang sering digunakan dalam setiap masakan. Rasanya yang hangat dan pedas, cocok untuk hidangan sup dan kari. Jahe juga lezat digunakan dalam sejumlah dessert dan minuman. Sebab manfaatnya yang hebat, maka persediaan jahe harus selalu ada di dapur.

Jika ingin menyimpan jahe dalam stok yang banyak, tetap harus dipastikan kesegarannya. Karakter jahe biasanya sulit disimpan karena cenderung kering atau berjamur. Dengan demikian ketika dibutuhkan, khawatir jahe sudah busuk dan tak layak.

Jahe juga mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan dan melawan peradangan dalam tubuh. Jahe rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Bumbu ini kaya kalium, yang meningkatkan kesehatan jantung dan juga kaya vitamin C.

Jahe yang segar pasti akan memberikan khasiat yang optimal. Ada 3 cara menyimpan jahe agar tetap segar dan tahan lama seperti dilansir dari NDTV, Rabu (24/4).

Potong Kecil-Kecil dan Simpan di Freezer

Kupas jahe dengan alat pengupas atau pisau. Setelah kulitnya benar-benar dihilangkan, potong rimpang itu menjadi kotak yang lebih kecil. Masukkan ke dalam kantong dan letakkan kantong ini di dalam freezer, untuk digunakan nanti. Ini akan membuat jahe tetap segar selama berbulan-bulan.

Buat Pasta Jahe dalam Toples

Jika harus menggunakan jahe setiap hari untuk menambah rasa pada kari, maka Anda dapat mencincang atau menggiling jahe segar menjadi pasta dan menempatkan jahe cincang ke dalam botol kaca. Tempatkan toples ini di lemari es. Sebagai alternatif, Anda dapat membagi jahe cincang menjadi bagian-bagian kecil, lalu masukkan ke toples untuk didinginkan.

Baca Juga: 9 Khasiat Biji Alpukat untuk Kesehatan

Bungkus dengan Kantong Kertas

Bisa pula membungkus jahe yang tidak dikupas dengan kertas tisu dan masukkan ke dalam kantong kertas. Tutup kantong kertas, sebelum memasukkannya ke bagian keranjang sayur di dalam kulkas. Ini membuat rempah-rempah tetap segar selama beberapa minggu. (jp)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment