Atap Sekolah Ambruk, Beginilah Nasib Siswa Pangkep Belajar

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, PANGKEP– Empat ruang kelas di SMPN 1 Mandalle rusak parah. Bangunan sekolah yang berdiri sejak 1984 itu. Belum pernah dilakukan renovasi pada bagian atapnya hingga saat ini.

Kondisi bangunan kelas yang mulai rusak. Kayu penyangga pada dinding kelas juga sudah sangat lapuk. Empat atap kelas ambruk. Pihak sekolah pun memindahkan para siswa di kelas tersebut, agar tidak menimbulkan korban jiwa, jika tiba-tiba ambruk lagi pada bagian atapnya.

Kepala SMPN 1 Mandalle, Rusdi mengatakan setiap dilakukan musrembang pihaknya selalu mengusulkan agar bangunan SMPN 1 Mandalle ini dapat direnovasi. Sebab, setiap banjir. Pasti sekolah tersebut tergenang hingga lutut orang dewasa. Belum lagi pada bagian atap sekolah yang rusak.

“Atapnya memang belum pernah direnovasi. Siswa kita terganggu belajar. Sebab takut tertimpa kayu atap yang roboh. Makanya kami pindahkan ke ruangan lain,” ucapnya.

Sehingga saat ini, terdapat empat ruangan kelas yang tidak dapat digunakan lagi. Disebabkan kondisi atapnya yang rusak. Dikhawatirkan dapat menimpa siswa yang sedang belajar di dalamnya.

“Empat kelas kita tidak pakai. Termasuk laboratorium dan tiga kelas IX. Itu kita pindahkan ke sekretariat pramuka. Kami ubah sekretariat pramuka menjadi kelas sementara. Kebetulan juga ada kelas lagi yang lain kita pakai tiga,” ungkapnya.

Pihaknya sangat berharap tahun ini, pemerintah daerah ada perhatian terhadap bangunan sekolah tersebut.

“Kondisi sekolah sudah sangat memperihatinkan. Apalagi lokasi sekolah yang cukup jauh ini diperbatasan Pangkep-Barru. Kami berharap ada prioritas untuk perbaikan sekolah disini. Termasuk jika memungkinkan untuk anggarannya diusulkan masuk ke anggaran perubahan tahun ini,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep, Muslimin Yusuf mengaku pihaknya akan mempriortitaskan perbaikan sekolah di SMPN 1 Mandalle itu. Pihaknya sementara mengusulkan anggaran untuk renovasi bangunan sekolah tersebut.

“Tentunya kami akan prioritaskan sekolah ini. Saat ini sementara diusulkan anggarannya agar dapat masuk dalam DAK,” ucapnya.(fit)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...