Di Nunukan, Demokrat-Hanura Bersaing Ketat

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, NUNUKAN–Partai Demokrat dan Hanura bersaing ketat dalam perebutan posisi teratas perolehan suara Pemilu 2019 di Nunukan, Kaltara.

Kendati tetap menunggu hasil resmi dari KPU Nunukan, diprediksi dua partai tersebut di posisi teratas jumlah kursi di DPRD Nunukan.

Demokrat pada periode 2014-2019 mendudukkan enam kursi di DPRD Nunukan, disusul Hanura dengan empat kursi.

Wakil Sekretaris DPC Demokrat Nunukan, Randi mengatakan, Demokrat sangat yakin mempertahankan enam kursi di DPRD Nunukan. “Kami optimistis saja agar dapat mempertahankan enam kursi di DPRD Nunukan,” kata Randi.

Ia menyampaikan, untuk sementara sesuai dengan hitungan cepat yang dilakukan di Nunukan Demokrat mampu mendapatkan empat kursi, di Sebatik berpotensi satu menuju dua kursi dan di Dapil 3 diusahakan satu atau dua.

Hitungan yang dilakukan masih ada 32 tempat pemungutan suara (TPS) yang belum masuk. Perolehan suara yang ada saat ini untuk sementara H. Irwan Sabri tertinggi, disusul H. Danni Iskandar, selanjutnya Saleh, dan keempat Robinson Totong.

“Jika sesuai dengan hitungan dan tidak meleset, maka keempat orang itu yang akan duduk di parlemen mewakili Demokrat,” ujarnya.

Sekretaris DPC Hanura Nunukan, Khairil Anwar mengatakan, hingga saat ini belum dapat diumumkan atau dipublikasikan hasil perhitungan suara yang dilakukan, karena masih menunggu formulir C-1 dari para saksi. “Tunggu saja hasilnya, karena Hanura belum dapat publikasikan hitungan sementaranya,” kata Khairil Anwar.

Pasca pencoblosan 17 April, ia masih melakukan penghitungan melalui formulir C-1, hitungan yang dilakukan bukan melalui hitung cepat. Ia optimis DPC Hanura Nunukan dapat memperoleh suara tertinggi.

Diansyah, tim monitoring penghitungan dan rekapitulasi suara Partai Bulan Bintang (PBB) Nunukan Dapil Sebatik percaya diri partainya meraih kursi di DPRD Nunukan pada Pileg 2019 ini.

“Kalau dalam tabulasi penghitungan kami, kursi pertama Hanura, kedua Gerindra, ketiga Demokrat, keempat PKS, kelima Hanura dan keenam PBB,” katanya.

Baca Juga: Real Count Internal, TKN: Jokowi Menang Telak di Bali dan DIY

Penghitungan yang dilakukan PBB berdasarkan formulir C-1. “Perolehan PBB menuju 1.600-an suara. Bahkan lebih, karena masih menunggu beberapa TPS. Saya juga ingin menyampaikan kepada simpatisan dan teman-teman, apa yang diklaim oleh pihak lain, wajib dihargai. Karena kita semua menunggu hasil dari PPK dan KPU. Tetapi, kami dapat memastikan PBB akan mendapatkan kursi keenam DPRD Nunukan Dapil Sebatik,” ujarnya lagi.

Menurut Dian, sapaannya, capaian ini merupakan kemajuan signifikan bagi perjuangan PBB di Dapil Sebatik. Pada periode sebelumnya, PBB tak dapat menempatkan wakilnya satu pun di DPRD Nunukan. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...