Ini 4 Manfaat Konsumsi Pepaya

Kamis, 25 April 2019 - 07:36 WIB
Buah pepaya. (net)

FAJAR.CO.ID–Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pribahasa ini juga berlaku untuk makan pepaya. Sebab jika berlebihan justru bisa menganggu kesehatan.

Konsumsilah pepaya dalam jumlah yang wajar agar manfaatnya bisa terserap dengan baik. Untuk menambah variasi pada menu makanan sehari-hari, pepaya dapat menjadi pilihan yang tepat karena khasiatnya sangat melimpah.

Dikutip dari Everyday Health, berikut keuntungan yang bisa Anda dapat dari menyantap buah ini setiap hari:

 Membantu mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Alzheimer dapat menurunkan kemampuan intelektual dan memori. Penyebab pastinya belum diketahui. Tapi diduga stres oksidatif memainkan peran.

Sebuah studi menemukan bahwa bubuk pepaya fermentasi dapat membantu menetralkan efek stres oksidatif pada orang dengan Alzheimer serta memperlambat progres penyakit. Meski ini butuh pembuktian yang lebih besar lagi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain jeruk, pepaya juga termasuk buah yang tinggi akan vitamin C. Dengan begitu, pepaya dapat meningkatkan sistem imun dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta infeksi.

Berpotensi melindungi jantung

Pepaya mengandung vitamin C, potasium, antioksidan, dan serat, yang membantu menjaga arterti tetap sehat serta menunjang aliran darah.

Hal ini dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Membantu menjaga kesehatan mata

Di dalam pepaya, Anda juga dapat menemukan zat lutein, zeaksantin, vitamin C, dan vitamin E. Keempatnya dapat melindungi mata dan membantu mencegah penyakit-penyakit mata.

Pepaya matang dapat memberikan keuntungan bagi wanita hamil. Tapi pepaya mentah bisa berbahaya sehingga lebih baik dihindari.

Beberapa wanita hamil tetap mengonsumsi pepaya matang selama kehamilan.

Baca Juga: Tips Menyimpan Jahe Agar Tetap Segara

Meski begitu, ada juga wanita yang memutuskan untuk tidak memakan semua jenis pepaya sampai mereka melahirkan, karena masih banyak sumber nutrisi yang aman dan lezat untuk disantap selama hamil.

Jadi jika Anda sedang hamil atau berencana untuk hamil, penting untuk membicarakan dengan dokter seputar asupan yang harus dihindari. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.