Milad Ke-55, Komaruddin Hidayat dan Sejumlah Masjid Raih IMMIM Award dan Fadeli Luran Award

0 Komentar

Fajar.co.id, Makassar — Ikatan Mesjid Musalla Indonesia Muttahidah (IMMIM) memperingati milad ke-55 di Gedung Islamic Centre IMMIM, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Kamis, 25 April 2019.

Peringatan milad kali ini dikemas dalam berbagai acara, yakni Orasi Milad Profesor Komaruddin Hidayat, penganugerahan H Fadeli Luran Award, peringatan Isra’ Mi’raj hingga rapat kerja pengurus DPP IMMIM.

Penganugerahan H Fadeli Luran Award dibacakan langsung oleh Sekretaris Jenderal IMMIM, Ishaq Samad.

H Fadeli Luran Award merupakan penghargaan IMMIM kepada tokoh yang dianggap berjasa dalam memperjuangkan nilai-nilai kader dakwah IMMIM. Di antaranya nilai nasional yang meliputi persatuan umat, toleransi, independensi, moderat, dan cinta tanah air.

Selain itu, tokoh tersebut memiliki nilai spiritual, yakni memiliki shiddiq, istiqamah, fatanah, amanah dan tablig serta nilai profesional, yakni memiliki kompetensi, etika profesi, loyal, suri tauladan dan team work. Selanjutnya penetapan penerima H.Fadeli Luran Award dan IMMIM Award melalui seleksi oleh Tim yang dibentuk DPP IMMIM dan diputuskan dalam Rapat Pleno DPP IMMIM.

Dikatakan penghargaan IMMIM Award merupakan penghargaan kepada masjid dibawah naungan IMMIM dengan empat kategori, yakni kategori kualitas dan kapasitas sarana dan prasarana.

“Kemudian kategori organisasi dan administrasi keuangan. Selanjutnya kategori pelayanan ibadah, sosial, pendidikan dan kesehatan. Serta kategori segmentasi jamaah, partisipasi masyarakat dan pengamalan nilai-nilai keimmiman,” ungkap Ishaq Samad.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada pemenang yang telah ditunjuk oleh Tim sebagai rangkaian kegiatan dari Milad 55 tahun IMMIM.

“Pemberian penghargaan IMMIM dan Fadeli Luran Award ini sudah masuk tahun yang kesembilan,” imbuh Ishaq.

Ishaq melanjutkan, khusus untuk penghargaan Fadeli Luran Award tahun 2019 diberikan kepada tokoh nasional cendekiawan Komaruddin Hidayat. Komaruddin meraih penghargaan Fadeli Luran Award karena dinilai sebagai tokoh yang ikut berkontribusi dalam merawat kebinekaan dan pancasila di Indonesia. (rls)

Ada pun beberapa tokoh yang pernah meraih Fadeli Luran Award yakni:

1.KH.Bakri Wahid
2. AGH.Dr.M.Sanusi Baco, Lc
3. Prof.Quraish Shihab
4. Mayjen Purn. H.M.Amin Syam
5. Prof.Nasaruddin Umar
6. Prof. Komaruddin Hidayat.

Sementara, sejumlah masjid di Kota Makassar pun turut menerima IMMIM Award 2019. Masjid yang dimaksud yakni:

1. Kategori Kualitas dan Kapasitas Sarana Prasana: Masjid Babul Jannah Jalan Mannuruki 2 Kecamatan Tamalate Makassar

2. Kategori organisasi dan administrasi keuangan: Masjid Miftahul Khaer Jalan Sungai Walanae Makassar.

3. Kategori Pelayanan ibadah, sosial, pendidikan dan kesehatan: Masjid Al khusna Jalan Minasa Upa Kecamatan Rappocini.

4. Kategori Segmentasi Jamaah, Partisipasi Masyarakat dan Pengamalan nilai-nilai keIMMIMan: Masjid Ar Rahman, Jalan Ance Daeng Ngoyo Kecamatan Panakkukang Makassar.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...