Satu TPS di Torut PSU, Begini Penjelasan Ketua KPUD Torut

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, RANTEPAO — Satu TPS di Torut yakni TPS O5 Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua Toraja Utara, dijadwalkan akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).
Waktunya akan bersamaan dengan beberapa daerah lain di Sulsel. Bawaslu menemukan pemilih tak ada di DPT dan menggunakan hak pilihnya.
Ketua KPPS disanksi dengan hukuman diberhentikan sementara dari jabatannya. Kasusnya sudah ditangani Bawaslu Torut.
Ketua KPUD Torut, Bonie F, Kamis, 25 April 2019, mengatakan, PSU itu dilakukan setelah ditemukan oleh panwas ada enam orang yang tidak ada di DPT yang menggunakan hak pilihnya. Keenam orang itu juga tak punya identitas untuk bisa memilih, pada saat hari pencoblosan, 17 April lalu. Di TPS itu ada 153 orang yang terdaftar dalam DPT.
“Kita sudah sepakat untuk menggelar PSU, jadwalnya bersamaan dengan daerah lain yakni 27 April. Kasusnya sudah ditangani Bawaslu,” jelas Bonie.
Terpisah, Ketua Bawaslu Torut, Andarias Duma, mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan saksi-saksi yang dianggap mengetahui kejadian tersebut. Pelaku dan yang terlibat akan dijerat dengan hukuman tindak pidana pemilu. (Frederich Suselisu)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment