Bahas Pembentukan LAM-PT Hukum, FH UMI Tuan Rumah Workshop Simulasi Scoring

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) Hukum segera dibentuk. Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi), dan Asosiasi Penyelenggara Program Studi Ilmu Hukum Indonesia (APPSIHI) sementara membahas teknis penerapannya.
Pembahasan teknis LAM-PT Hukum tersebut digelar melalui Workshop Simulasi Scoring, di Hotel Almadera, 25-27 April. Fakultas Hukum (FH) Universitas Muslim Indonesia (UMI), bentindak selaku tuan rumah.
Dekan FH UMI, Muhammad Syarif Nuh mengatakan, pembentukan LAM-PT Hukum ini, menurutnya, merupakan suatu langkah tepat. Hal tersebut agar kampus-kampus yang memiliki FH bisa diakreditasi secara khusus.
“Kita masih membicarakan teknisnya. Kita berupaya mewujudkan berdirinya ini agar kita tidak mendapat tekanan-tekanan dari penyelenggara akreditasi bidang Fakultas Hukum,” kata dia.
Rektor UMI, Prof Basri Modding menambahkan, pembentukan LAM-PT Hukum ini tak akan mempengatuhi keberadaan BAN-PT. Kata dia, kedua lembaga ini punya fungsi berbeda, sehingga tak menimbulkan tumpang tindih.
“Aturannya ini LAM itu untuk akreditasi prodi. Sedangkan BAN-PT itu untuk akreditasi institusi. Di sini kita sisa mau membicarakan harmonisaasi antara PTN dan PTS,” pungkasnya. (ism)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...