Gubernur Hadiri Hari Bhakti Pemasyarakatan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID,MAMUJU –Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-55 dilaksanakan secara serentak, Sabtu, 27 April. Di Sulbar, pelaksanaannya dilangsungkan di Gedung Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Barat, dihadiri Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

Sambutan Menteri Hukum dan HAM RI, H Yasona Laoly yang dibacakan Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Harun Sulianto menyampaikan bahwa peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke -55 harus mampu menjadi spirit- legacy untuk meneruskan semangat juang dan pengabdian para pendahulu dan peletak dasar pemasyarakatan.

‘’Indikator keberhasilan pemulihan kesatuan hubungan hidup, kehidupan dan penghidupan terletak pada kemampuan Pemasyarakatan dalam memperbaiki dan meningkatkan kapasitas narapidana,baik dalam dimensi kepribadian (mental dan spiritual) maupun dalam dimensi kemandirian,’’ ucapnya.

Maka paradigmanya harus berubah, UPT Pemasyarakatan harus ditransformasikan sebagai pranata sosial untuk menyiapakan masyarakat yang tangguh, berkerampilan dan memiliki produktivitas tinggi. Selain itu revitalisasi juga mesti dibangun untuk membentuk sebuah flow dalam mendistribusikan kepadatan hunian dari Lapas Super Maximum, Maximum, Medium dan Minimum security.

“Berdasarkan pada tingkat risiko sehingga tidak terjadi overcrowding disatu tempat,” tambah harun.Selain gubernur, hadir juga Kepala BIN Provinsi Sulawesi Barat, Perwakilan Kapolda, Perwakilan BNN Provinsi Sulawesi Barat, perwakilan Danrem, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Kepala Divisi Administrasi, selulurh kepala UPT serta pegawai di jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulbar. (hms)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...