Harga Tiket Selangit, Warga Pesimis Bisa Mudik Lebaran

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Mahalnya harga tiket pesawat membuat calon pemudik yang berniat pulang kampung saat lebaran 2019 nanti, mulai berpikir mencari alternatif angkutan.

Sebagai gambaran, pada 2018, harga tiket pesawat Garuda Jakarta-Manado di kisaran Rp1,4 juta. Namun, sejak awal 2019, harga tiket Garuda naik menjadi Rp3,2 jutaan.

Tidak hanya Garuda, Batik Air juga di kisaran Rp2,8 juta, Citilink Rp2,9 juta, dan Lion Air Rp2,7 juta. Harga tersebut setara tiket Jakarta-Manado pulang pergi pada 2018.

Tidak turunnya harga tiket, membuat para perantau memikirkan jalur transportasi lainnya. Untuk wilayah Jawa dan Sumatera bisa menempuh jalur darat. Namun, untuk wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku, alternatifnya lewat jalur laut.

“Terpaksa harus naik kapal laut kalau mudik ke Manado,” kata Sunarni, karyawan salah satu perusahaan swasta di Jogjakarta, Minggu (28/4).

Nani, sapaan akrab Sunarni, menambahkan, keuntungan naik kapal laut tidak ada pembatasan jumlah bagasi. Namun, perjalanan dari Jogjakarta ke Manado bisa memakan waktu lima hari.

“Dari segi waktu enggak efisien sih. Cuma bagaimana lagi, orang tua, kakak, adik, dan keponakan tinggal di Manado. Jadi harus tetap pulang,” ucapnya.

Gadis berdarah Solo ini berharap harga tiket akan turun jelang lebaran. Seandainya tidak turun, Nani terpaksa batal mudik.
“Kalau naik kapal laut bisa saja, cuma saya suka mabuk laut jadi susah juga. Saya sudah kontak ibu saya, nanti uang pengganti tiket saya kirim saja. Kalau mudik saya harus keluarkan uang sekitar Rp10 juta,” keluhnya.

Senada itu Indri, karyawan BUMN asal Riau ini juga mengaku pusing tidak bisa mudik. Dengan harga tiket yang melangit akan sulit baginya bertemu sanak saudaranya di kampung.

Baca Juga: Sulsel Terbanyak Dapat Kuota Tambahan Haji, Ini Rinciannya

“Saya bertiga, bisa dihitung berapa duit yang harus ke luar. Bisa juga sih pakai mobil cuma biayanya juga mahal. Lagipula susah karena saya masih punya anak kecil,” ucapnya.

Harga tiket yang terus meroket membuat Indri pesimistis bisa mudik kecuali saat dinas luar kota. Baik Indri maupun Nani berharap, harga tiket bisa kembali normal. (jpnn)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...