Helat HUT Ke-42 di Mesir, Penggawa KKS Sampaikan Ini

Minggu, 28 April 2019 - 14:46 WIB

Fajar.co.id, Kairo — Kerukunan Keluarga Sulawesi (KKS) Mesir sukses menghelat malam puncak dari rangkaian acara HUT KKS ke-42. Diadakan di balai American Future School, acara ini dihadiri oleh Helmy Fauzi, Dubes KBRI Kairo beserta Usman Syihab selaku Atase Pendidikan. Setelah dibuka pada pukul 20.30 waktu setempat.

Dalam sambutannya, Penggawa KKS, Surya Munir mengatakan, warga KKS (dengan ini) dapat memupuk benih-benih keharmonisan.

Surya merupakan putra kelahiran Bugis-Makassar yang menjabat sebagai Penggawa KKS periode 2018-2019.

Sementara, sambutan dari PPMI Mesir diwakili oleh Wakil Presiden PPMI, Khudori. Dia mengungkapkan bahwa Anak Timur memiliki potensi yang besar dan akan menjadi harapan Indonesia ke depannya.

Menurut penasihat KKS, H Muh Amin Samad, tingginya pengetahuan ilmu tanpa adab akan mempercepat kehancuran sebuah bangsa. Oleh karenanya kehadiran ulama akan menyelamatkan peradaban bangsa.

“Begitulah para mahasiswa di Mesir ini selayaknya calon ulama akan membangun dunia,” ujarnya, memberi nasihat.

“Bagi warga KKS, mereka selayaknya senantiasa memegang prinsip, selagi layar terkembang pantang biduk surut ke pantai, sekali menuntut ilmu pantang pulang sebelum membawa hikmah,” katanya, memotivasi para hadirin yang semakin memadati balai.

Muh Amin Samad juga mengungkapkan bagaimana KKS berdiri 42 tahun yang lalu. Dibangun pada tahun 1977, dia menyampaikan bahwasannya terbentuknya KKS merupakan hasil rembuk dengan keluarga Bugis Malaysia.

Tokoh-tokoh yang membentuk KKS di antaranya adalah AGH Dr Faried Wadjedy MA, Prof Dr Abd Rahim Arysad MA, Prof Dr Najmuddin MA, dan beberapa tokoh Sulawesi Selatan lainnya yang pernah kuliah di Al-Azhar Mesir.

Acara pun berlanjut dengan pembagian hadiah lomba dan penampilan dari panitia HUT. Acara yang ditukangi oleh sebagian besar anak baru ini mampu menghadirkan suguhan khas Indonesia Timur. Mulai dari Angngaru hingga tari tradisional Sulawesi. Berjumlah 180 orang, anak baru KKS Mesir tersebut seakan telah memiliki bekal yang cukup untuk mengawal jalannya acara.

Hal yang menarik dari acara ini, adalah adanya Google Polling untuk tiga kategori. Ketiga kategori berupa nominasi DP terbaik, Badan otonom terbaik dan program kerja terfavorit. Ini merupakan hal yang unik bagi HUT KKS, mengingat jarang adanya apresiasi secara resmi kepada setiap pengurus dalam kekeluargaan.

Untuk nominasi DP terbaik jatuh kepada bagian Pendidikan, yang dikordinatori oleh Ashar. Sedang nominasi Badan Otonom terbaik jatuh kepada Wawasan, yang dikordinatori oleh Ahsanul Ulil Albab. Dan nominasi program kerja terfavorit jatuh kepada Kurikulum Sederhana yang diketuai oleh Nasrul Haq, yang juga menjabat sebagai ketua I pengurus teras KKS.

Selain itu, hadirnya Talaza Tour sebagai salah satu sposor HUT KKS tersebut, mampu menjadi daya tarik bagi atensi hadirin, dengan door prize berupa satu buah paket umroh. Yang mana paket umroh tersebut jatuh ke tangan Akhyar, salah seorang anggota KKS tahun akhir di bangku sarjana Universitas Al-Azhar Kairo. (rls)

Laporan: Ahsan (Mahasiswa Al-Azhar, Mesir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.