Kontribusi Kepala Daerah Paling Banyak ke Golkar dan Nasdem

0 Komentar

Data perolehan suara dari Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU sudah masuk data hampir 40 persen untuk Pileg DPR RI dapil Sulsel II dan III. Tercatat Golkar unggul telak di dapil Sulsel II, sedangkan Nasdem juga unggul telak di Sulsel III.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Sedangkan untuk data masuk di dapil Sulsel I masih sangat minim yakni baru enam persen. Belum bisa menjadi patokan untuk melihat partai yang mendominasi. Dari laman kpu.go.id, Sabtu 27 April pukul 20.00 wita data C1 masuk 38,3 persen, tercatat Golkar sudah mengumpulkan 201.954 suara di dapil Sulsel II, sementara pesaingnya, Nasdem baru 69.307 suara.

Sebaliknya di Sulsel III dengan data 36,1 persen, Nasdem sudah meraih 118.571 suara jauh meninggalkan Golkar yang baru meraih 64.761 suara. Ketua badan pemenangan pemilu DPD I Golkar Sulsel, Syamsu Rizal menjelaskan, salah satu faktor yang membuat progres Golkar sangat baik di dapil Sulsel II dibanding dapil satu dan tiga karena banyak kadernya beringin rimbun yang juga merupakan kepala daerah.

Beberapa daerah di dapil Sulsel II yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Wajo, Soppeng, Parepare, Barru, Pangkep, dan Maros itu diantaranya adalah kader Golkar.

“Memang disana ada ketua-ketua partai kita yang juga statusnya kepala daerah, seperti di Soppeng, Bone, Pare pare dan Pangkep. Sehingga mudah untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi,” kata Syamsu Rizal.

Dia menambahkan, dapil Sulsel III yang meliputi Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Enrekang, Sidrap, Pinrang, dan Kota Palopo, diakuinya jika memang partai Nasdem lebih unggul dari Golkar. Sebab dari sembilan daerah di dapil itu, hanya Luwu Timur golkar memiliki kader

Namun, kata dia, kerja-kerja dari mesin partai yang paling menentukan. “Kita unggul di Sulsel III berkat kerja keras semua kader, tak hanya kepala daerah, tetapi kader sampai tingkat bawah memang bekerja keras,” katanya.

Meski memiliki rekap manual perolahan suara di internal partainya, RMS, sapaannya tak ingin membeberkannya. Dia lebih memilih menunggu pengumuman resmi oleh KPU setelah rekapitulasi berjenang. “Kita sudah satu kursi di dapil Sulsel III, sedang menuju kursi kedua. Kita sangat optimistis dua kursi karena data masuk baru 70 persen,” ujarnya. (rul-bay)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...