5 Makanan Ini Bisa Selamatkan Anda dari Serangan Jantung dan Stroke

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Johan Winata SpJP(K) FIHA mengungkapkan bahwa salah satu faktor utama penyebab tingginya penyakit jantung di Indonesia adalah rendahnya konsumsi buah dan sayur (95,5%).

Padahal penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi serat pangan sebanyak 7 gram sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 9%.

“Olehnya itu untuk menjaga kesehatan jantung, disarankan untuk memperbanyak konsumsi serat mengurangi asupan lemak jenuh dan trans-fat dan beraktivitas fisik secara rutin serta hindari rokok,” jelas dr. Johan pada peluncuran Nestlé Acticor di Senayan, Jakarta, Minggu (28/4).

Lebih lanjut dr. Johan menyarankan lima makanan terbaik untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Jika ingin menjaga agar jantung Anda tetap sehat mulailah dari piring makan Anda. Alih-alih memotong asupan sampah ke tubuh Anda, dengan menambahkan makanan tertentu ke sistem kardiovaskular dapat melindungi Anda dari penyakit mematikan. Berikut lima makanan teratas yang bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

1. Oatmeal

Penelitian menunjukkan mulai dengan semangkuk besar oatmeal yang kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit jantung, membantu menurunkan LDL, mengurangi kolesterol, dan menjaga pembuluh darah tetap bersih.

“Kurangi karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti putih ganti dengan glukosa rendah seperti gandum, nasi merah dll,” ujar dr. Johan.

2. Salmon

Ikan air dingin seperti salmon mengandung asam lemak omega-3 yang telah terbukti mengurangi peradangan yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Brokoli

Bersama dengan sayuran lain seperti kol dan kubis, brokoli mengandung senyawa yang disebut sulfurophana yang dapat mencegah penyakit jantung.

4. Lentil


Sebuah studi Landmark International mengikuti hampir 13.000 orang selama 25 tahun mengalami penurunan 82 persen dalam risiko kematian akibat penyakit jantung dikaitkan dengan konsumsi lentil.

5. Olive Oil

Banyak penelitian menunjukkan minyak zaitun dapat meningkatkan kolesterol dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment