Lewati Golkar, Justru Nasdem Dapat Dua Kursi Dapil Sulsel III DPR RI

Senin, 29 April 2019 - 14:12 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Partai Nasdem memimpin perolehan suara sementara di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel III DPR RI. 

Partai besutan Surya Paloh tersebut sudah mengumpulkan 143.333 suara.

Data tersebut berdasarkan real count atau penghitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) berbasis C1 dari Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang dapat diakses dari situs pemilu2019.kpu.go.id, Senin, 29 April.

Perolehan suara Nasdem itu diikuti oleh Partai Golkar dengan 81.410 suara, Gerindra 80.847 suara lalu PDIP 71.052 Suara. 

Artinya, dari hitungan sementara tersebut, dan menggunakan sistem pembagi Sainte Lague (1, 3, 5, 7), Nasdem dipastikan sudah mengamankan kursi pertama. Nasdem juga sudah mengamankan kursi ke 6 setelah perolehan suaranya dibagi 3 sesuai Sainte Lague.

Data internal Partai Nasdem, caleg nomor urut satu, Rusdi Masse (RMS) yang juga Ketua DPW Nasdem Sulsel meraih suara tertinggi, dengan perolehan seratus ribu lebih. 

“Data sementara Nasdem dapat dua kursi di dapil Sulsel III,” kata Rusdi Masse, Senin, 29 April.

Bahkan, hasil penginputan C1 berdasarkan saksi Partai Nasdem, khusus di dapil Sulsel III sudah menuju angka dua ratus ribu. “Data sementara menuju angka dua ratus ribu,” tambah mantan Bupati Sidrap dua periode itu.

Bila hasil akhirnya tetap seperti ini, Partai Golkar yang mengantarkan dua kadernya melenggang ke Senayan pada Pileg 2014, kini sangat berat. Paling mentok hanya dapat satu kursi. 

Siapa setelah Rusdi Masse (RMS) memperebutkan kursi kedua di internalnya, itu belum belum bisa terjawab. Sebab, informasinya perolehan suara dibawah RMS cukup ketat.

Sekadar diketahui, selain RMS, tiga caleg di internal Nasdem yang disebut- sebut punya kans. 

Mereka adalah Lutfhi Andi Mutty yang kini tercatat sebagai anggota DPR RI, istri Wakil Bupati Luwu Timur, dr Ani Nurbani dan istri Wakil Bupati Toraja Utara, Eva Rataba. (taq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.