Masyarakat Peduli Demokrasi Minta Bawaslu Adili Pelaku Money Politics

Senin, 29 April 2019 - 14:47 WIB
ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, SINJAI–Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi Sinjai menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bawaslu Sinjai, Senin (29/4/2019). Dalam tuntutannya, mereka meminta Bawaslu mengadili pelaku money politics.

Jenderal Lapangan, Muhammad Taufik Hidayat dalam orasinya menyampaikan, dalam pesta demokrasi pemilu 2019 ini, sejumlah peserta pemilu diduga melakukan praktik politik uang.

Hal itu ia nilai sangat menciderai semangat demokrasi. Apalagi jika dilakukan elite politik. “Praktik politik uang mestinya menjadi musuh bersama untuk dilawan, bukan justru merebut kekuasaan dan memengaruhi pilihan masyarakat dengan cara yang tidak elegan,” ujarnya.

Olehnya itu, dia mendesak Bawaslu menyelesaikan kasus ini secara profesional dan dilakukan secara terbuka. Agar dapat diketahui publik.

Baca Juga: Fadli Zon: Yang Bilang Pemilu Jujur, Perlu Periksa Otak

Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Rusmin mengatakan, saat ini pihaknya menangani 4 kasus politik uang. Dua kasus merupakan temuan dan selebihnya merupakan laporan masyarakarat.

“Kalau temuan kami oleh terkait dugaan politik uang yang dilakukan oleh Mappahakkang, caleg PAN asal Buluppoddo sudah kami rampungkan, paling minggu depan kami sudah putuskan apakah kasusnya lanjut atau tidak,” terangnya. (sir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.