Murid SD Serbu Kapal Perang Pulau Rimau-724

Senin, 29 April 2019 - 13:06 WIB
Ratusan murid sekolah dasar (SD) menaiki Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pulau Rimau-724.

FAJAR.CO.ID, MAMUJU –- Ratusan murid sekolah dasar (SD) dari berbagai sekolah di Mamuju, menyerbu naik di atas Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Pulau Rimau-724, yang sementara sandar di Dermaga Makas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju, Provinsi Sulbar, Senin (29/4/2019).

Kapal perang milik TNI AL di bawah jajaran Komando Armada (Koarmada) II ini, memang menarik perhatian bagi masyarakat khususnya para pelajar. Daya tariknya itu, dimanfaatkan masyarakat dan ratusan murid SD untuk melihat langsung dan mengenal kapal perang KRI Pulau Rimau-724.

Mereka itu, murid Sekolah Dasar Inpres Simboro 126 orang, Sekolah Dasar Inpres Rimuku Kabupaten Mamuju 26 orang, serta siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Rangas Kabupaten Mamuju 30 orang.

Didampingi guru masing-masing sekolah dan Perwira serta anggota Lanal Mamuju mengunjungi KRI Pulau Rimau-724 yang sandar di Dermaga Mako Lanal Mamuju, saat melaksanakan tugas pengamanan ALKI II NKRI dan Pasca Pemilu 2019 di perairan Sulawesi Barat.

Menurut Komandan Lanal Mamuju, Letkol Laut (KH) Drs Siangka, kunjungan anak sekolah ke KRI Pulau Rimau-724  yang masih muda ini, diperkenalkan dengan alat utama system persenjataan (Alusista) TNI AL, sehingga hal ini akan menumbuhkan minat belajar mereka.

Beberapa guru menyebut, kunjungan ke atas Kapal Perang KRI Pulau Rimau-724 ini, dimaksudkan melihat dari dekat Kapal Perang yang dimiliki TNI AL yang selama ini hanya dapat didengar dan dilihat dari televisi.

Hal ini juga diamini para pelajar dan siswa tersebut. Mereka rata-rata menyatakan, sangat senang sekali dapat lihat secara langsung dan merasakan naik kapal perang untuk pertama kalinya.

Komandan kapal perang KRI Pulau Rimau-724 Mayor Laut (P) Marthen mengatakan, sangat senang dengan adanya masyarakat dan pelajar yang ingin berkunjung ke KRI. “Tujuan kami open ship untuk memperkenalkan tugas dan tanggung jawab TNI AL khususnya KRI. Sehingga para generasi muda bisa mencitai dan mengenal laut dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI,” terangnya.

Dalam kunjungan tersebut, para pelajar dan siswa diajak berkeliling ke seluruh bagian KRI Pulau Rimau-724. Mereka saling berlomba untuk menanyakan kepada Prajurit KRI nama, alat, dan fungsi yang ada di KRI. Sedang para Anak Buah Kapal (ABK) KRI Pulau Rimau-724, dengan senang hati memberi penjelasan dari pertanyaan siswa/siswi, tentang fungsi peralatan yang ada, seperti jenis kapal, persenjataan, kecepatan  yang ada di KRI. (lis)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.