AVENGERS ENDGAME, Lebih Emosional dan Mengharukan

0 Komentar

Oleh: Jeri Wongiyanto
Pengamat Film

BANYAK teka-teki yang belum terjawab dalam film “Avengers Invinity War” akan terjawab pada “Avengers Endgame”. Salah satunya pertanyaan ke mana anggota Avengers Hawkeye dan Ant-Man? Juga tentang Captain Marvel? Ternyata  Marvel Studio punya rencana besar dan sangat matang.

Di setiap film Marvel Cinematic Univers (MCU) yang sudah dirilis, mempunyai benang merah satu dengan yang lain. Skenario di semua filmnya, begitu digarap dengan jenius, sehingga menonton film Avengers keempat dan terakhir ini, kita akan mengetahui jalinan kisah antar superhero memang saling terhubung. MCU sekali lagi berhasil memuaskan penggemarnya.

Film dibuka saat Clint Barton mengajari putrinya bermain panah di halaman rumahnya di sebuah pedesaan. Istri Clint, Laura Barton (Linda Cardelini) menyiapkan masakan ditemani kedua putranya. Namun tiba-tiba mereka menghilang menjadi abu, tinggal Clint yang panik seorang diri. Sementara itu di angkasa, memasuki hari ke 22, seakan tak ada harapan lagi bagi Tony Stark (Robert Downey Jr) dan Nebula (Karen Gillan) yang tidak makan dan minum, oksigen pun akan habis. Tony sekarat, namun keberuntungan terjadi, seorang pahlawan super lainnya datang menyelamatkan mereka (tidak saya sebut agar tidak menjadi spoiler).

Pesawat Tony dan Nebula diselamatkan hingga ke markas Avengers di bumi. Mereka bisa bertemu kembali dengan anggota Avengers yang tersisa Captain America (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Black Widow (Scarlett Johansson), Hulk (Mark Ruffalo), serta Rocket (disuarakan Bradley Cooper). Di tengah kesedihan dan keterpurukan, mereka mencoba bersatu kembali dan mencari jalan mengembalikan keadaan bumi yang sudah hancur dan menyisakan sedikit penduduk dunia . Kondisi ini tentu dianggap mustahil, namun semangat mereka tak pernah putus.

Jejak Thanos berhasil dilacak. Mereka harus  merebut batu ruang, realitas, kekuatan, jiwa, pikiran dan waktu yang membuat Thanos tak terkalahkan. Namun mereka menemui kenyataan bahwa enam batu itu telah hancur tepat pada saat bumi diluluhlantakkan oleh Thanos. Lima tahun berlalu sejak tragedi, hampir semua anggota Avengers terpuruk dan frustasi kembali pada kehidupan masing-masing. Dalam keputusasaan, tiba-tiba muncul seorang superhero (tidak saya sebutkan agar tidak spoiler) menemui Black Widow dan Captain America, yang membawa secercah harapan.

Film Avengers Endgame, memang luar biasa menakjubkan, lebih unggul dari sekuel sebelumnya. Arti tentang pahlawan sejati mengantarkan penonton ke sebuah pemahaman yang lebih tinggi. Bagaimana para pahlawan bertaruh nyawa, berjuang memulihkan keadaan. Usaha penyelamatan inilah yang akan menggiring emosi penonton hingga klimaks film. Saya pertama kali ini merasakan atmosfir keseruan bersama tepukan tangan penonton pada sebuah adegan balas dendam. Semua superhero nyaris memiliki peran yang sama dalam film ini.

Secara keseluruhan film pamungkas ini, lebih emosional dan mengharukan. Penyuntingannya sangat rapi dan alurnya lebih lancar. Adegan-adengannya memikat akan membuat penonton lega, tegang, sekaligus haru. Durasi 3 jam dan 10 menit menjadi tidak terasa. Penonton akan pulang dengan perasaan senang juga sedih. Mata saya jadi ikut berkaca-kaca. (*)

 

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...