Kasasi JPU Ditolak, MA Vonis Bebas Dahlan Iskan

Selasa, 30 April 2019 - 11:06 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas kasus dugaan korupsi aset PT Panca Wira Usaha (PWU) dengan terdakwa, Dahlan Iskan akhirnya ditolak Mahkamah Agung (MA).

Dengan demikian, putusan hakim di tingkat banding dikuatkan MA. Sebagaimana diketahui, Dahlan Iskan yang merupakan Dirut PT PWU periode 2000-2010 dijadikan tersangka pihak berwajib.

Bermula saat terjadi tukar guling aset BUMD PT PWU di Jawa Timur. Belakangan, tukar guling itu dinilai bermasalah hingga akhirnya Dahlan Iskan diproses hukum dan diadili. Selain Dahlan, pihak berwajib juga menyeret Ketua DPRD Surabaya, Wisnu Wardhana.

Melalui Pengadilan Tipikor Surabaya, Dahlan divonis 2 tahun penjara pada 2017. Namun melalui proses banding di Pengadilan Tinggi (PT) Surabaya, vonis tersebut dianulir dan Dahlan Iskan dinyatakan bebas dan seluruh tuntutan jaksa. Atas vonis itu, giliran JPU melakukan kasasi ke MA.

Baca Juga: Pakar Hukum: Pernyataan People Power Berimplikasi Hukum

Putusan MA yang menolak kasasi JPU itu tertuang dalam amar putusan 3029 K/PID.SUS/2018 sebagaimana dilansir website MA, Selasa (30/5/2019).

Kasasi ini diputuskan Ketua Majelis Hakim Agung, Surya Jaya dengan anggota M Askin dan LL Hutagalung. Perkara dengan panitera pengganti, Retno Murni Susanti itu sudah diketuk sejak 22 April lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.