Pantau Laporan BMKG, Basarnas Siaga Cuaca Ekstrem 24 Jam

Selasa, 30 April 2019 09:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Perubahan cuaca ekstrem melanda wilayah Sulsel. Beberapa daerah pun mengalami banjir akibat curah hujan yang tinggi. Basarnas Makassar siaga ekstra untuk memantau perkembangan perubahan cuaca ekstrem.
Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mustari, menerangkan, sudah ada pos unit siaga SAR yang tersebar di beberapa titik wilayah Sulsel ada pos Bone, Palopo, Selayar, dan Bantaeng. Sedang Sulbar, di antaranya Mamuju.
“Semua diinstruksikan untuk siaga ektsra. Utamanya pada wilayah yang diprediksi mengalami cuaca ekstrem,” katanya, Selasa (30/4/2019).
Kata dia, pihaknya melakukan siaga 24 jam. Memonitor seluruh daerah. “Kami melakukan tugas siaga 24 jam, dan dengan cuaca ekstrem pada akhir-akhir ini, maka petugas kami akan terus memantau laporan prediksi cuaca dari BMKG serta berkordinasi dengan BPBD yang ada di daerah,” terangnya.
Lebih jauh Mustari menjelaskan bahwa, tim rescuer siap untuk memberikan pertolongan ataupun melakukan evakuasi ketika terjadi bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem. Karenanya beliau mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif memberikan informasi kepada basarnas perihal adanya kondisi yang membutuhkan pelayanan jasa SAR.
“Kita punya nomor call center khusus Basarnas Makassar di 0811447115. Masyarakat bisa melaporkan informasi yang valid tentang lokasi dan kejadiannya. Dan yang paling penting bahwa jasa SAR yang diberikan BASARNAS adalah gratis. Jadi Masyarakat tidak perlu takut menghubungi jika butuh bantuan sar,” tutupnya. (gun)

Komentar