PDIP Sudah Tak Sabar Bahas Kabinet Jokowi-Ma’ruf

Selasa, 30 April 2019 - 10:19 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, saat ini sudah saatnya partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) membahas struktur kabinet pemerintahan Jokowi–Ma’ruf Amin.

Alasannya, dia yakin paslon nomor urut 01 itu memenangi Pilpres 2019. Hasto juga optimistis jumlah kursi partai-partai pendukung capres–cawapres, Jokowi–Ma’ruf bakal mendominasi DPR RI periode 2019–2014. Ini menjadi bekal penting memperkuat pemerintahan sistem presidensial.

“Kami move on saja. Saatnya bicara Indonesia ke depan, bagaimana struktur kabinetnya, apa skala prioritas kebijakan Pak Jokowi dan lain-lain. Kami juga tidak boleh menyia-nyiakan para pahlawan demokrasi yang telah gugur dalam tugas. PDIP tidak hanya mengucapkan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, tetapi juga sudah menginstruksikan kepada tiga pilar partai untuk memberikan penghormatan terbaik terhadap mereka yang telah gugur,” jelas Hasto dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/4).

Disebutkan Hasto, dari simulasi berdasarkan quick count perolehan suara Pemilu 2019 yang dilakukan di setiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60,7 persen. “Suatu dukungan yang akan memerkuat sistem presidensial,” ujar Hasto.

Selain itu, Hasto juga mengucapkan selamat bagi seluruh parpol KIK, termasuk parpol yang mendukung Prabowo – Sandi yang telah mencapai hasil terbaik dalam pemilu jurdil sehingga banyak yang lolos ambang batas presidential threshold.

Baca Juga: Ketua Komisi II Sepakat Ibu Kota Pindah Ke Luar Jawa

“Kami meyakini bahwa Gerindra dan PKS pun puas dengan hasil pemilu yang telah memberikan penambahan kursi bagi kedua partai tersebut. Tanpa pemilu jurdil dan demokratis, mustahil Gerindra dan PKS bisa melenggang dengan penambahan kursi yang signifikan,” tandas Hasto. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.