Preview Spurs vs Ajax: Butuh Pembunuh

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, LONDON—Tottenham Hotspur akan menjamu Ajax di leg pertama babak semifinal Liga Champions tanpa Harry Kane dan Heung-min Son. Kalau ingin menang, Spurs butuh pembunuh baru yang andal.

Kane tidak bisa memimpin barisan penyerang Spurs di Tottenham Stadium, Rabu, 1 Mei, dinihari nanti karena masih cedera. Sedangkan Son, ia mesti mengubur mimpinya bermain di leg pertama ini karena akumulasi kartu kuning.

Kehilangan kedua penyerang itu jelas menjadi kerugian besar bagi The Lilywhite. Pasalnya, mereka adalah top skor klub di Liga Champions. Kane yang cedera di leg pertama babak 8 besar total sudah mencetak lima gol. Sementara Son hingga babak semifinal ini melesakkan empat gol, termasuk tiga ke gawang Manchester City di 8 besar.

Tanpa duet bomber itu, Manajer Spurs, Mauricio Pochettino harus mencari sosok pembunuh alternatif. Dan sepertinya, Lucas Moura, Christian Eriksen, dan penyerang veteran, Fernando Llorente adalah tiga nama yang akan menjadi tumpuan Poche untuk memenangkan leg pertama ini.

Di Liga Champions musim ini, Moura, Eriksen, dan Llorente sama-sama sudah mencetak dua gol. Khusus Llorente, dia adalah pencetak gol ketiga Spurs saat mereka mengeliminasi Manchester City di Etihad Stadium, dua pekan lalu.

Llorente yang diprediksi akan memulai pertandingan sejak awal dengan Moura, Dele Alli dan Eriksen sebagai penyokongnya menegaskan kesiapannya bermain. “Ini adalah kesempatan luar biasa untuk memberikan yang terbaik untuk membantu tim, untuk menunjukkan bahwa saya dapat membantu tim dan saya akan berusaha melakukan yang terbaik,” katanya di The Guardian.

Son sendiri percaya rekan setimnya bisa mengatasi perlawanan Ajax di leg pertama ini meski ia absen bersama Kane. “Saya mencoba untuk positif, tetapi harus absen di semifinal membuat saya sedih sekaligus sangat kecewa. Namun, saya sepenuhnya yakin dan percaya pada rekan-rekan satu tim dan stadion ini, jadi saya tidak khawatir,” kata Son di Sky Sports.

Selain Kane dan Son, Pochettino juga belum bisa memainkan Erik Lamela dan Serge Aurier akibat cedera. Sang pelatih juga masih harus menilai kesiapan gelandang tengah Moussa Sissoko dan Harry Winks menjelang kickoff.

“Kita perlu menilai para pemain dan kita akan lihat. Saya harap kami dapat memulihkan beberapa pemain dan sekarang ini tentang pemulihan hingga Selasa (Rabu). Terserah kita untuk mengelola situasi, pastikan mereka beristirahat dan siap berkompetisi,” jelas Poche di situs klub.

Menyongsong leg pertama ini, Spurs membawa modal buruk ke lapangan. Itu setelah mereka dikalahkan West Ham United di pekan ke-36 Premier League. Kekalahan pertama di Tottenham Stadium itu membuat pasukan Poche belum bisa mengamankan posisi empat besar.

Poche sendiri berharap hasil buruk itu tidak mengganggu mereka menghadapi Ajax. Makanya, ia meminta anak asuhnya melupakan derby London tersebut. “Kita harus melupakannya, maju terus, dan pikirkan hari Selasa (Rabu),” ujar Pochettino di News 18.

Hanya akan kehilangan Carel Eiting, Pelatih Ajax, Erik ten Hag mengakui timnya akan tetap menjadi underdog menghadapi Tottenham. “Anda tahu bahwa Anda akan menghadapi lawan yang luar biasa. Spurs sekali lagi merupakan tantangan fantastis bagi kami, mereka luar biasa,” katanya di beIN Sport.

Tak seperti Poche yang dipusingkan dengan lini serang, Erik lebih rileks. David Neres, Hakim Ziyech, dan Dusan Tadic dalam kondisi bugar dan siap menguji pertahanan Spurs. Nama terakhir juga sangat percaya diri usai mencetak dua gol saat Ajax menang 4-2 atas Vitesse. Tadic mengklaim, pasukan muda Ajax siap meladeni Spurs.

“Tidak aneh bagi saya untuk melihat pemain muda ini tanpa rasa takut, bahkan untuk semi final Liga Champions. Ini adalah DNA Ajax. Mereka tidak peduli tekanan, mereka memainkan sepak bola mereka, untuk mencoba dan mendominasi bola,” ujar Tadic di Daily Mail. (amr)

Prakiraan Pemain

Tottenham (3-4-2-1): Lloris; Alderweireld, Sanchez, Vertonghen; Trippier, Eriksen, Wanyama, Rose; Moura, Alli; Llorente

Ajax (4-3-3): Onana; Mazraoui, Ligt, Blind, Tagliafico; Schone, Jong, Beek; Ziyech, Tadic, Neres

Head to head

16/09/81 Ajax 1-3 Tottenham

29/09/81 Tottenham 3-0 Ajax

Lima pertandingan terakhir Tottenham

27/04/19 Tottenham 0-1 West Ham United

23/04/19 Tottenham 1-0 Brighton

20/04/19 Manchester City 1-0 Tottenham

17/04/19 Manchester City 4-3 Tottenham

13/04/19 Tottenham 4-0 Huddersfield

Lima pertandingan terakhir Ajax

23/04/19 Ajax 4-2 Vitesse

20/04/19 Groningen 0-1 Ajax

16/04/19 Juventus 1-2 Ajax

13/04/19 Ajax 6-2 Excelsior

10/04/19 Ajax 1-1 Juventus

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...