Rekrutmen PPPK Tahap II, Menpan RB: Kesejahteraan ASN dan PPPK Sama

Selasa, 30 April 2019 - 15:05 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Menpan RB, Syafruddin kembali meminta honorer K2 ikut mendaftar rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahap kedua 2019.

Dikatakan, perbaikan kesejahteraan honorer K2 bukan hanya menjadi PNS, tapi bisa lewat PPPK. “Sebenarnya PNS dan PPPK itu sama kesejahteraannya. Menolak PPPK, dan tetap bertahan menjadi honorer K2 dengan gaji minim apa tidak merugikan diri sendiri?” ujar Menteri Syafruddin di Jakarta, Selasa (30/4).

Sama seperti Mendikbud, Muhadjir Effendy, Syafruddin juga menyayangkan banyak honorer K2 yang tidak memanfaatkan kesempatan saat perekrutan PPPK tahap satu. Padahal kuota yang disiapkan 150 ribu dan hanya terisi 50 ribuan.

Walaupun kuotanya tidak hilang, tapi kesempatan emas pertama sudah dilepas. “Rekrutmen PPPK tahap satu itu sangat mudah. Passing grade sangat rendah, mereka dites sesama honorer K2 dan tidak dicampur dengan lainnya,” ucapnya.

Mantan wakapolri ini menambahkan, pemerintah akan membuka rekrutmen PPPK tahap kedua. Kesempatan tetap diberikan kepada honorer K2. Bagi yang tidak lulus, bisa mengikuti tes lagi. Paling tidak selama lima tahun, mereka diberikan kesempatan mengikuti tes PPPK jalur khusus honorer K2.

Baca Juga: Jual Bibit Bawang Merah, Indonesia Dapat Royalti Rp5 Miliar dari Perusahaan Jepang

Bagi yang tidak lulus tes CPNS maupun PPPK, menurut Syafruddin akan dirumuskan lagi bersama DPR RI. Apakah akan diserahkan kepada pemda atau ada formula lainnya.

“Honorer K2 tidak bisa diabaikan, saya pastikan itu. Nanti akan dibahas bersama DPR RI bagaimana mekanisme penyelesaian honorer K2 yang tidak lulus CPNS dan PPPK,” tandasnya. (jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.